Pengembangan Modul Konseling Kreatif dalam Bingkai Kognitif Perilaku untuk Menurunkan Perilaku Agresif Siswa

Karneli, Yeni and Neviyarni, Neviyarni and Yulidar, I (2018) Pengembangan Modul Konseling Kreatif dalam Bingkai Kognitif Perilaku untuk Menurunkan Perilaku Agresif Siswa. Project Report. FIP UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
1_104_lapakh_LAPORANHASILPENELITIANyeni_merged.pdf

Download (466kB) | Preview

Abstract

Masa remaja merupakan masa yang rentan dengan perubahan berupa perubahan biologis, kognitif dan sosio-emosional. Perilaku remaja sebagai luapan emosi negatif dan suasana hati yang tidak menentu akan ditampilkan dalam bentuk perilaku agresif, seperti: memukul, menyerang, memaki, mengeluarkan kata-kata kasar, mengancam, memalak dan lain sebagainya. Perilaku agresif adalah perilaku fisik atau verbal yang dimaksudkan untuk merusak atau melukai orang lain, yang mengakibatkan orang lain mengalami penderitaan, sehingga mendatangkan kesusahan baik fisik maupun psikologis Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah modul konseling kreatif dalam bingkai kognitif perilaku layak secara isi dan tampilan, dan mendeskripsikan tingkat keterpakaian modul konseling kreatif dalam bingkai kognitif perilaku untuk menurunkan perilaku agresif siswa SMP oleh guru BK/Konselor. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan mengikuti langkah pengembangan model ADDIE (Analisis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Subjek uji coba penelitian terdiri dari 6 orang ahli untuk uji kelayakan modul, dan 3 orang guru BK/konselor untuk uji keterpakaian.Penelitian dilakukan dengan uji coba produkpenelitian dan Focus Group Discussion (FGD). Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis statistic deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) modul konseling kreatif dalam bingkai kognitif perilaku dinilai layak dimanfaatkan guru BK/Konselor untuk menurunkan perilaku agresif siswa SMP, (2) tingkat keterpakaian modul konseling kreatif dalam bingkai kognitif perilaku dinilai sangat baik untuk digunakan dalam layanan bimbingan dan konseling. Dengan demikian prototype modul konseling kreatif dalam bingkai kognitif perilaku yang dihasilkan dinyatakan layak dan dapat dimanfaatkan oleh guru BK/Konselor untuk membantu menurunkan perilaku agresif siswa SMP.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 31 May 2019 02:42
Last Modified: 31 May 2019 02:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22089

Actions (login required)

View Item View Item