Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di Sekolah melalui Pengembangan Panduan Layanan Informasi Menggunakan Contextual Teaching and Learning dalam Pencegahan Tindakan Pelecehan Seksual Dikalangan Remaja di Sekolah Menengah Atas (SMA) Kota Padang

Syahniar, Syahniar and Firman, Firman and Ahmad, Riska (2018) Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di Sekolah melalui Pengembangan Panduan Layanan Informasi Menggunakan Contextual Teaching and Learning dalam Pencegahan Tindakan Pelecehan Seksual Dikalangan Remaja di Sekolah Menengah Atas (SMA) Kota Padang. Project Report. FIP UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
1_97_lapakh_LaporanPenelitianIbuSyahniar2018FIX.pdf

Download (155kB) | Preview

Abstract

Dewasa ini tindakan pelecehan seksual sebagai salah satu bentuk kejahatan di Indonesia, mengalami peningkatan. Layanan informasi dalam pelaksanaan Bimbingan dan Konseling sudah dilaksanakan di sekolah-sekolah dalam upaya pencegahan meningkatnya tindakan pelecehan seksual tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) tindakan pelecehan seksual, (2) layanan informasi yang diikuti siswa untuk memahami aturan-aturan yang berkaitan dengan pelecehan seksual , dan (3) panduan layanan informasi menggunakan contextual teaching and learning dalam pencegahan kecenderungan tindakan pelecehan seksual di kalangan remaja. Penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D) model 4-D, dengan tahap: (1) pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Subyek penelitian siswa, Guru BK/Konselor Sekolah Menengah Atas (SMA) Kota Padang. Penggumpulan data dilakukan dengan kuession, wawancara dan observasi serta analisis dokumen. Data kualitatif dianalisis secara naratif, sedang data kuantitatif dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian tahun pertama ditemukan sebanyak 49,61 % siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) memiliki kecenderungan melakukan tindakan pelecehan seksual, mulai dari intensitas sedang, tinggi dan sangat tinggi, layanan informasi menggunakan contextual teaching and learning yang diperlukan remaja SMA, berkaitan dengan topik pembahasan mengenai pencegahan kencenderungan tindakan pelecehan seksual, menyangkut dengan : pelecehan seksual beserta akibatnya, aturan-aturan berkaitan dengan pelecehan seksual beserta dampak pelanggarannya, dan toleransi antar jenis kelamin dalam mengimplimentasikan aturan berkaitan dengan pelecehan seksual. Selanjutnya berdasarkan penelitian tahun pertama telah tersuisun panduan layanan informasi menggunakan contextual teaching and learning efektif dalam pencegahan kecenderungan tindakan pelecehan seksual di kalangan remaja. Penelitian tahun ke dua akan mengungkapkan Rencana Pelaksanaan Layanan (RPL), materi, penilaian dan tindak lanjut layanan informasi menggunakan contextual teaching and learning dalam pencegahan tindakan pelecehan seksual di kalangan remaja berasal dari Sekolah Menengah Atas (SMA) Kota Padang. Melalui penelitian ini dirumuskan buku panduan implikasi pelaksanaan layanan informasi menggunakan contextual teaching and learning dalam pencegahan tindakan pelecehan seksual remaja. Kata Kunci : Layanan informasi, contextual teaching and learning, dan pelecehan seksual

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 31 May 2019 01:34
Last Modified: 31 May 2019 01:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22084

Actions (login required)

View Item View Item