Pengembangan E-Modul dalam Mata Kuliah Pembelajaran Berbasis Komputer pada Program Studi Teknologi Pendidikan FIP UNP

Novrianti, Novrianti and Hendri, Nofri (2018) Pengembangan E-Modul dalam Mata Kuliah Pembelajaran Berbasis Komputer pada Program Studi Teknologi Pendidikan FIP UNP. Project Report. FIP UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
1_68_lapakh_LAPORAN.pdf

Download (204kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran dengan menggunakan e-Modul dapat mempermudah akses materi yang dibutuhkan mahasiswa dan mampu meningkatkan kualitas pembelajaran dikarenakan dukungan berbagai aplikasi dan fitur yang menarik yang akan mudah dipahami mahasiswa. Aplikasi yang digunakan dalam e-modul ini 3D Pageflip Profesional sebagai salah satu software pembuat program multimedia akan membuat isi atau konten pembelajaran lebih menarik dan mudah diserap mahasiswa. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Model yang digunakan mengadopsi dari model pengembangan Borg dan Gall dengan tahapan yang telah dimodifikasi yaitu (1) Melakukan Perencanaan, (2) Mengembangkan Produk awal, (3) Melakukan validasi produk, (4) Melakukan uji coba terbatas dan (5) Hasil produk akhir.Uji validitas produk dilakukan oleh 4 orang validator yaitu dua orang validator media dan dua orang validator materi.Uji coba produk dilakukan kepada 5 orang mahasiswa jurusan KTP FIP UNP yang mengambil mata kuliah Pembelajaran Berbasis Komputer untuk mengukur praktikalitas. Sedangkan untuk menguji efektifitas dilakukan pada mahasiswa yang mengambil mata kuliah Pembelajaran Komputer yang terdaftar dalam semester Juli Desember 2018. Instrumen yang digunakan adalah angket, format penilaian dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif untuk mengetahui kualitas multimedia interaktif yang dikembangkan. Luaran penelitian adalah produk t er apan berupa e-Modul yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa dan dosen pengampu mata kuliah, dan peningkatan pemahaman mahasiswa terhadap materi yang dibuktikan dengan peningkatan skor hasil belajarnya. Selain itu luaran yang dimaksudkan dalam penelitian ini dapat dijadikan bahan referensi dalam jurnal terakreditasi serta luaran dalam proseding Internasional. Hasil analisis data dari tahap perencanaan pengembangan produk menunjukkan bahwa tingkat daya baca mahasiswa dalam bentuk buku teks masih rendah. Pengembangan produk berupa e-modul sangat membantu mahasiswa dalam memahami materi karena didalamnya disertai dengan contoh bersifat multimedia. Hasil analisis menunjukkan bahwa e-Modul untuk mata kuliah Pembelajaran Berbasis Komputer, dalam aspek materi berada pada kategori “Baik”, untuk aspek media berada pada kategori “Sangat Baik”. Selanjutnya, untuk hasil uji kepraktisan produk yang telah dilakukan berada pada kategori “Sangat Baik”. Hasil tersebut menunjukkan bahwa e-Modul ini praktis digunakan sebagai sumber belajar dan media alternatif dalam perkuliahan Pembelajaran Berbasis Komputer.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 31 May 2019 01:33
Last Modified: 31 May 2019 01:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22075

Actions (login required)

View Item View Item