Efektivitas Model Pembelajaran Membaca Berbasis Teknik Mingel untuk Anak Disleksia di SD Inklusi Kota Padang

Irdamurni, Irdamurni and Kasiyati, Kasiyati and Zulmiyetri, Zulmiyetri and Taufan, Johandri (2018) Efektivitas Model Pembelajaran Membaca Berbasis Teknik Mingel untuk Anak Disleksia di SD Inklusi Kota Padang. Project Report. FIP UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
1_48_lapakh_laporanpenelitianirdamurni1.pdf

Download (222kB) | Preview

Abstract

Hasil penelitian Hibah Bersaing Irdamurni, dkk tahun 2016, yang didanai DRPM menghasilkan model pembelajaran membaca berbasis teknik Migle bagi anak disleksia di sekolah dasar. Dilanjutkan dengan penelitian tahun 2017 yang di danai oleh PNBP UNP menghasilkan model pembelajaran membaca berbasis teknik Mingle efektif dan praktis untuk anak SD kelas tinggi di sekolah dasar. Dengan luaran artikel yang terbit di jurnal Internasional ICSAR, artikel submited di jurnal internasional terindek scopus, proceeding terbit di jurnal internasional Atlantis, draf buku membaca pemahaman untuk anak disleksia, yang belum dicetak dan HKI . Pada tahun 2018 ini menghasilkan: (1) modul pembelajaran membaca untuk anak disleksia masuk ke percetakan, (2) mengurus hak cipta modul pembelajaran membaca untuk anak disleksia, (3)mengurus ISBN modul pembelajaran membaca untuk anak disleksia, (4) artikel publish di jurnal internasional (ICSAR), (5) artikel publish di proceeding internasional (IcomethNCP ). Tujuan penelitian tahun 2018 adalah:(1). Mengevaluasi buku modul pembelajaran membaca berbasis teknik mingle untuk anak disleksia di sekolah dasar, (2) melakukan mentoring kepada guru-guru SD dalam membelajarkan anak disleksia .(3) menguji pengaruh mentoring terhadap kompetensi dan kinerja guru SD dalam pembelajaran membaca anak disleksia di sekolah dasar. Penelitian ini termasuk mixing method, yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Kuantitatif menggunakan desain Eksperimen The one group pretestpostest Design. Dengan menggunakan uji statistik non parametrik yaitu uji Mann Whitney. Dengan sampel penelitian guru yang mengajar anak dengan disleksia yang ada di sekolah dasar Inklusi kota Padang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh mentoring terhadap kinerja dan kompetensi guru dalam pembelajaran membaca anak disleksia, baik membaca permulaan di kelas rendah, maupun untuk membaca pemahaman di kelas tinggi sekolah dasar.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 31 May 2019 01:33
Last Modified: 31 May 2019 01:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22073

Actions (login required)

View Item View Item