Pengembangan Modul Pelatihan Kecerdasan Emosional Kepala Sekolah Dasar Berbasis CTL

Jasrial, Jasrial and Rifma, Rifma and Syafril, Syafril (2018) Pengembangan Modul Pelatihan Kecerdasan Emosional Kepala Sekolah Dasar Berbasis CTL. Project Report. FIP UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
1_24_lapakh_LaporanAkhirPenelitianModul.pdf

Download (387kB) | Preview

Abstract

Secara garis besar peta jalan penelitian yang tertuang dalam RENSTRA/Rencana Induk Penelitian (RIP) UNP tahun 2016-2020 mencantumkan 6 bidang fokus penelitian unggulan salah satunya adalah bidang pendidikan dan ilmu pendidikan. Fokus yang dikembangkan pada bidang ini adalah (1) pengembangan model pembelajaran, (2) pengembangan pendidikan yang tanggap bencana, (3) pengembangan bahan dan media pembelajaran, (4) pengembangan software pembelajaran, (5) pengembangan teknik penilaian mutu pendidikan, dan (6) pengembangan teknik pembelajaran. Penelitian ini mendukung pencapaian program UNP dalam RENSTRA/RIP UNP tahun 20162020 pada bidang fokus Pendidikan dan Ilmu Pendidikan khususnya pada sub fokus 3 yaitu pengembangan bahan dan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pelatihan kercerdasan emosional kepala sekolah dasar berbasis CTL. Artinya, melalui penelitian ini akan dihasilkan bahan pembelajaran (pelatihan kecerdasan emosional kepala sekolah dasar) dengan menggunakan modul yang dihasilkan. Pengembangan modul pelatihan kecerdasan emosional kepala sekolah dasar berbasis CTL ini merupakan sebuah upaya membantu para kepala sekolah untuk berlatih kecerdasan emosional secara mandiri sehingga tidak tergantung kepada pelatihan yang dilaksanakan pihak terkait. Modul ini juga merupakan komponen penting dalam peningkatan kecerdasan emosional kepala sekolah dasar dalam menghadapi dan melaksanakan tugas-tugas manajemen di sekolah. Target penelitian ini adalah menghasilkan modul pelatihan kercerdasan emosional kepala sekolah dasar berbasis CTL yang valid, praktis dan efektif, yang dapat digunakan terutama oleh kepala sekolah dasar dalam berlatih meningkatkan kecerdasan emosionalnya secara mandiri. Selain itu, modul ini juga dapat digunakan nara sumber dan pengelola diklat dalam melaksanakan pelatihan kepala sekolah yang lebih efektif. Penelitian ini dilakukan selama dua tahun dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R & D) model 4 D (Define, Design, Develop, Desseminate) dengan pelaksanaan sebagai berikut: Penelitian tahun pertama; (1) Analisis kurikulum dan kecerdasan kepala sekolah, (2) studi kepustakaan, (3) merancang modul, (4) Focus Group Discussion (FGD), (5) revisi 1 draf modul berdasarkan masukan dalam FGD, (6) Uji validitas, (7) revisi 2 draf modul berdasarkan hasil uji validitas dan (8) diperoleh modul yang valid siap untuk diujicoba. Penelitian tahun ke dua; (1) melakukan uji coba praktikalitas kelompok kecil yaitu 3 orang kepala SD di kecamatan Padang Utara, (2) Revisi 3 modul, (3) Uji praktikalitas kelompok menengah yaitu kepala SD (1 gugus) kecamatan Nanggalo, (4) Revisi 4 modul, (5) Uji praktikalitas kelompok besar yaitu kepala SD se kecamatan Padang Timur Kota Padang, (6) Revisi 5 modul, (7) Uji efektivitas terhadap peserta pelatihan sebanyak 30 orang kepala sekolah dasar, (8) Revisi 6 modul, (9) Desiminasi dan publikasi. Hasil penelitian tahun pertama diperolehnya draft modul yang sudah divalidasi oleh validator substansi, bahsa dan modul. Disamping itu juga menghasilkan draf artikel yang disubmit pada jurnal/prosising internasional 3 iv bereputasi. Hasil penelitian tahun ke dua (1) diperolehnya modul modul pelatihan kecerdasan emosional kepala sekolah dasar berbasis CTL yang valid, praktis dan efektif yang siap untuk digunakan, dan (2) artikel yang dipublikasikan pada jurnal internasional/prosiding internasional bereputasi (submit).

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 29 May 2019 03:28
Last Modified: 29 May 2019 03:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22069

Actions (login required)

View Item View Item