Perwujudan Berfikir Kritis dalam Implementasi Literasi Membaca Berbasis Strategi The Big Questions and Bookmark Organizers

Chandra, Chandra and Sri, Amerta (2017) Perwujudan Berfikir Kritis dalam Implementasi Literasi Membaca Berbasis Strategi The Big Questions and Bookmark Organizers. In: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar: Pembelajaran Literasi Lintas Disiplin Ilmu Ke-SD-an, 4-6 September 2017, Bukittinggi.

[img]
Preview
Text
CHANDRA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Melatih berpikir kritis membawa siswa dalam meningkatkan cara menganalisa informasi yang dihadapi. Membiasakan siswa berpikir kritis melalui literasi membaca yang berbasis strategi BQBO merupakan tujuan dalam penelitian pengembangan yang dilakukan. Penelitian pengembangan yang dilakukan berlandaskan pada permasalahan yang ditemukan. Permasalahan yang ditemukan yaitu minimnya bahan ajar yang memicu daya berpikir kritis siswa kelas IV SD. Menjawab kebutuhan siswa, telah dilakukan penelitian pengembangan. Penelitian pengembangan yang dilakukan menggunakan model Plomp dengan tiga langkah, yaitu: preliminary research, prototyping phase, dan assesment stage. Tahap preliminary research yang dilakukan telah menemukan kebutuhan siswa terhadap bahan ajar literasi membaca berbasis BQBO di kelas IV SD. Tahap prototyping phase dilakukan metode self evaluation dan experts review evaluation dibantu oleh 3 ahli. Tahap berikutnya dilanjutkan dengan ujicoba dengan metode one to one evaluation, small group, dan fielt test evaluation di SD Negeri 06 Padang Besi Kota Padang. Tahap assesment stage menghasilkan bahan ajar yang efektif digunakan untuk membiasakan dan meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas IV SD.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 15 May 2019 04:30
Last Modified: 15 May 2019 04:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22027

Actions (login required)

View Item View Item