Putri, Anggun Sulma (2018) Hubungan Persepsi Siswa Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru dengan Iklim Kelas di SMK Negeri 1 Painan Kabupaten Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_ANGGUN_SULMA_PUTRI_14002061_4404_2018.pdf [thumbnail of B1_01_ANGGUN_SULMA_PUTRI_14002061_4404_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
B1_01_ANGGUN_SULMA_PUTRI_14002061_4404_2018.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari berbagai permasalahan bahwa masih 
rendahnya kemampuan pedagogik guru didalam kelas sehingga berhubungan dengan 
iklim kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan persepsi siswa 
terhadap kompetensi pedagogik guru dengan iklim kelas di SMK Negeri 1 Painan 
Kabupaten Pesisir Selatan.  
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi pada penelitian ini 
adalah seluruh siswa di SMK N 1 Painan yang berjumlah 1.109 orang. Jumlah sampel 
yang diambil pada penelitian ini yaitu 80 orang siswa kelas XI. Alat yang digunakan 
untuk pengukuran data yaitu dengan model Skala Likert yang telah teruji validitas dan 
realibitasnya. Angket dinyatakan valid dengan rhitung 0.87 dan rtabel = 0.648 dan 
reliabilitas 0.76 pada taraf kepercayaan 95% untuk kompetensi pedagogik dan rhitung = 
0.84 dan rtabel = 0.648 dan reliabilitas 0.84 pada taraf kepercayaan 95% untuk iklim 
kelas. Data dianalisis dengan mean (rata-rata).  
Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan persepsi siswa terdapat 
hubungan antara kemampuan pedagogik guru dengan iklim kelas di SMK N 1 Painan 
rhitung 0,530 > rtabel 0, 219 dengan taraf kepercayaan 99%.Variabel kompetensi pedagogik 
di SMK N 1 Painan berada pada kategori “Baik” yaitu sebesar 87.6 % dari skor ideal 
dan variabel iklim kelas di SMK N 1 Painan berada pada kategori “tinggi” yaitu sebesar 
80 % dari skor ideal. Berdasarkan hasil uji normalitas data yang diperoleh berdistribusi 
normal. Pada hasil olahan SPSS versi 16 menunjukan bahwa Sig dari data yang diolah 
sebesar 0.695 yang menunjukan nilainya lebih besar dari 0.05 maka hubungan antara 
variabel kemampuan pedagogik (X) dengan iklim kelas (Y) adalah linier. 60,9 %. 
Korelasi antara kemampuan pedagogik dengan iklim kelas bernilai positif berarti 
hubungan tersebut searah dengan nilai koefisien 0,609 menunjukan bahwa kuatnya 
hubungan antara kompetensi pedagogik dengan iklim kelas sebesar 0,609 atau sebesar 
60,9%. Hal ini menunjukan bahwa peningkatan kompetensi pedagogik akan diikuti 
dengan peningkatan iklim kelas atau penurunan kompetensi pedagogik akan diikuti oleh 
penurunan iklim kelas.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools | 
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan-S1 | 
| Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos | 
| Date Deposited: | 19 Feb 2025 07:32 | 
| Last Modified: | 19 Feb 2025 07:32 | 
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/2202 | 
 
         