Pengaruh Model Pembelajaran Integrated dan Keterampilan Berfikir Kritis Terhadap Hasil Belajar IPA

Wanelly, Widya and Fitria, Yanti (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Integrated dan Keterampilan Berfikir Kritis Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Basicedu: Research dan Learning in Elemnetary Education, 3 (1). pp. 180-186. ISSN Print: 2580-3735 dan Cetak: 2580-1147

[img]
Preview
Text
27. jurnal BASICEDU vol3 no 1 2019.pdf

Download (396kB) | Preview
Official URL: https://jbasic.org/index.php/basicedu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terintegrasi dan keterampilan berpikir kritis terhadap hasil belajar IPA. Penelitian ini dilakukan di SDN 63 Surabayo di sekolah dasar kelas lima pada tahun 2018/2019 menggunakan cluster random sampling yang dilakukan pada 94 siswa. Pengambilan data diperoleh melalui tes dan analisis oleh Variance (ANOVA) dan dua baris dengan desain pengobatan berdasarkan level 2 x 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil pembelajaran sains siswa yang diberi model pembelajaran tematik Integarated lebih tinggi daripada dalam kelompok siswa diberikan model pembelajaran terbagi, (2) ada pengaruh interaksi antara keterampilan berpikir kritis dan model pembelajaran terpadu, (3). untuk siswa yang memiliki keterampilan berpikir kritis tinggi, hasil belajar sains siswa yang disediakan oleh model pembelajaran tematik terintegrasi lebih tinggi daripada model pembelajaran split dan (4) untuk siswa yang memiliki keterampilan berpikir kritis rendah menghasilkan model sains terfragmentasi pembelajaran yang lebih tinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran tematik dengan keterampilan berpikir kritis dapat meningkatkan hasil belajar sains siswa.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 02 May 2019 08:29
Last Modified: 02 May 2019 08:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21932

Actions (login required)

View Item View Item