Perubahan Belajar Sains Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Terintegrasi (Terpadu) melalui Model Discovery Learning

Fitria, Yanti and Eliyasni, Rifda and Yukitama, Rahwendy (2018) Perubahan Belajar Sains Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Terintegrasi (Terpadu) melalui Model Discovery Learning. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2 (2). pp. 52-63. ISSN Print: 26622-5069 dan Online: 2579-3403

[img]
Preview
Text
perubahan belajar sains siswa sekolah dasar....pdf

Download (347kB) | Preview
Official URL: http://e-journal.unp.ac.id/index.php/jippsd

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh model Discovery Learning terhadap hasil belajar sains siswa pada tema benda-benda di sekitar kita di kelas V SD pada pembelajaran tematik terpadu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperiment. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD di Wilayah Enam garegeh Kota Bukittinggi. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 04 Garegeh yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah siswa kelas VA 33 siswa dan kelas VB 32 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh t hitung >t tabel yakni 7,185 > 1,998 dengan α=0,05 sehingga dapat disimpulkan Ha diterima yaitu terdapat pengaruh penggunaan model Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 02 May 2019 07:57
Last Modified: 02 May 2019 07:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21927

Actions (login required)

View Item View Item