Pengembangan Modul Reaksi Reduksi dan Oksidasi Berbasis Pendekatan Saintifik dengan Menerapkan Teknik Probing dan Prompting untuk Pembelajaran Kimia Kelas X SMA/MA

Susanti, Vivi Olivia (2018) Pengembangan Modul Reaksi Reduksi dan Oksidasi Berbasis Pendekatan Saintifik dengan Menerapkan Teknik Probing dan Prompting untuk Pembelajaran Kimia Kelas X SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_Vivi_Olivia_Susanti_14034045_6141_2018.pdf

Download (28kB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 menekankan agar siswa aktif mengkonstruk pengetahuan. Salah satu cara mengaktifkan siswa adalah dengan memberikan pertanyaan. Pertanyaan-petanyaan dapat diintegrasikan kedalam modul. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan modul berbasis pendekatan saintifik dengan menerapkan teknik probing and prompting pada materi reaksi reduksi dan oksidasi dan mengungkapkan tingkat validitas dan praktikalitas dari modul yang dihasilkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) yaitu penelitian yang digunakan untuk menghasilkan suatu produk tertentu. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Plomp yaitu: (1) penelitian awal, (2) pembentukan prototipe, (3) penilaian. Modul yang dikembangkan divalidasi oleh 5 orang validator dan dilakukan uji praktikalitas kelompok kecil oleh 6 siswa serta uji lapangan oleh 30 siswa kelas XI IPA SMAN 12 Padang. Instrument dari penelitian ini berupa angket yang terdiri dari lembar validasi dan lembar praktikalitas. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan cara penyebaran angket. Data dianalisis menggunakan momen kappa. Dari analisis data diperoleh bahwa modul reaksi reduksi dan oksidasi memiliki validitas sebesar 0,81 dengan tingkat kevalidan sangat tinggi dan praktikalitas kelompok kecil 0, 87. Pada uji lapangan diperoleh tingkat praktikalitas sebesar 0,86 (dari siswa) dan 0,82 (dari guru) dengan tingkat kepraktisan sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 23 Apr 2019 07:32
Last Modified: 23 Apr 2019 07:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21864

Actions (login required)

View Item View Item