Pengembangan Desain Pembelajaran Topik Pola Bilangan Berbasis Realistic Mathematics Education di Kelas VIII SMP/MTs

Kartika, Dewi (2018) Pengembangan Desain Pembelajaran Topik Pola Bilangan Berbasis Realistic Mathematics Education di Kelas VIII SMP/MTs. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Dewi_Kartika_14029045_6444_2018.pdf

Download (30kB) | Preview

Abstract

Hasil studi pendahuluan menunjukkan bahwa terdapat masalah dalam pembelajaran Pola Bilangan kelas VIII SMP/MTs. Siswa lebih cenderung dikenalkan dengan penggunaan rumus tanpa melibatkan penemuan konsep itu sendiri. Hal tersebut mendasari untuk mendesain alur belajar topik Pola Bilangan dan menghubungkannya dengan aktivitas berdasarkan pengalaman peserta didik (experience-based activities).Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang alur belajar topik Pola Bilangan kelas VIII SMP/MTs dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Penelitian ini merupakan design research dengan model Gravemeijer & Cobb, yang terdiri dari 3 fase yaitu: 1) Fase penelitian pendahuluan (preliminary research), pada fase ini dilakukan analisis kebutuhan, analisis kurikulum, analisis konsep, dan reviu literature, menggunakan teknik pengumpulan data berupa, daftar check list dan pedoman wawancara yang kemudian menjadi dasar dalam perancangan alur belajar. HLT yang dihasilkan kemudian dievaluasi sendiri, dan divalidasi oleh para ahli menggunakan lembar validasi. 2)Fase penelitian (development or prototyping phase) Pada tahapan ini HLT yang telah dirancang diujicobakan kepada kelompok kecil (Small Group) dan uji lapangan (Field test).3) fase penilaian (retrospective analysis), pada fase ini dilakukan analisa terhadap kepraktisan alur belajar yang dihasilkan mengunakan angket dan pedoman wawancara, serta dilakukan analisis terhadap kemampuan penalaran matematis peserta didik mengunakan soal tes. Penelitian ini menghasilkan desain pembelajaran topik Pola bilangan dengan pendekatan (RME). Seluruh strategi (emergent modelling) yang ditemukan dan didiskusikan peserta didik, menunjukkan bagaimana konstruksi atau konstribusi peserta didik dalam menemukan konsep pola bilangan dari level informal ke formal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain pembelajaran topik pola bilangan dengan pendekatan RME sudah valid, praktis dan efektif.Valid dari segi isi dan bahasa. Praktis dari segi keterlaksanaan, kemudahan dan waktu yang diperlukan. Efektif dari segi dampak potensialnya terhadap kemampuan penalaran matematis peserta didik .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 23 Apr 2019 07:31
Last Modified: 23 Apr 2019 07:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21862

Actions (login required)

View Item View Item