Pengembangan Desain Pembelajaran Berbasis Realistic Mathematics Education untuk Topik Pola Bilangan di Kelas VIII SMP/MTs

Diana, Fitri (2018) Pengembangan Desain Pembelajaran Berbasis Realistic Mathematics Education untuk Topik Pola Bilangan di Kelas VIII SMP/MTs. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Fitri_Diana_14029029_6399_2018.pdf

Download (30kB) | Preview

Abstract

Hasil studi pendahuluan menyatakan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa pada topik pola bilangan rendah. Hal ini disebabkan pada pengajaran guru yang terlalu fokus pada buku teks. Sementara penyajian materi pola bilangan pada buku teks belum optimal dan kurang berkontribusi terhadap perkembangan belajar siswa terutama pada kemampuan penalaranmatematis siswa. Oleh sebab itu, dirancanglah suatu disain pembelajaran topik pola bilangan berbasis Realistic Mathematics Education yang diimplementasikan pada Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Penelitian ini merupakan design research dengan model Gravemeijer & Cobb, yang terdiri dari 3 tahap yaitu tahap persiapan (preparing for the experiment), tahap ujicoba desain (conducting experiment) dan tahap analisis (retrospective analysis). Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Padang. Teknik analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif dan teknik deskriptif yaitu mendeskripsikan validitas, praktikalitas dan efektivitas desain pembelajaran melalui lembar kerja peserta didik berbasis RME. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes akhir, lembar observasi, lembar wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain pembelajaran topik pola bilangan dengan pendekatan RME melalui lembar kerja peserta didik sudah valid, praktis dan efektif. Dikatakan valid karena telah memenuhi karakteristik kevalidan baik segi isi maupun konstruk. Dikatakan praktis karena produk ini mudah untuk digunakan dan dipahami, alokasi waktu yang ditentukan sangat efisien, sangat menarik dan berkontribusi terhadap pembelajaran pola bilangan. Efektif dari segi dampak potensialnya terhadap kemampuan penalaran matematis siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 23 Apr 2019 07:31
Last Modified: 23 Apr 2019 07:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21860

Actions (login required)

View Item View Item