Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Solok Selatan

Ericko E.M, Ridho (2018) Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Solok Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Ridho_Ericko_E.M_1305577_6382_2018.pdf

Download (34kB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematika merupakan salah satu kemampuan dasar yang penting dan harus dikembangkan pada diri peserta didik dalam pembelajaran matematika. Hal ini sesuai dengan salah satu tujuan pembelajaran matematika. Namun, kenyataan yang ditemukan di lapangan menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Solok Selatan masih rendah. Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dapat dijadikan solusi untuk permasalahan tersebut. Tujuan penelitian untuk mengetahui perkembangan pemahaman konsep matematika peserta didik selama diterapkan pendekatan RME dan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematika peserta didik yang belajar dengan pendekatan RME lebih baik daripada peserta didik yang belajar secara konvensional di kelas VIII SMP Negeri 1 Solok Selatan. Jenis penelitian adalah eksperimen semu (quasi exsperimental research) dengan rancangan Static Group Design. Sampel pada penelitian adalah peserta didik kelas VIII 3 sebagai kelas eksperimen dan VIII 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yaitu kuis dan tes akhir pemahaman konsep matematika. Data untuk nilai kuis dilihat dengan melihat skor setiap pertemuan serta ketercapaian dari setiap indikator dan tes akhir pengujian menggunakan uji t. Berdasarkan analisis data, pada taraf nyata � = 0,05 diperoleh P value = 0,001. P value < �, maka tolak H0. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perkembangan kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik yang pembelajarannya dengan menggunakan pendekatan RME mengalami peningkatan pada beberapa indikator pemahaman konsep dan pemahaman konsep matematika peserta didik yang belajar dengan pendekatan RME lebih baik daripada peserta didik yang belajar secara konvensional di kelas VIII SMP Negeri 1 Solok Selatan. Artiya pendekatan RME berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematika peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 23 Apr 2019 07:31
Last Modified: 23 Apr 2019 07:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21857

Actions (login required)

View Item View Item