Penerapan Logika Fuzzy Metode Mamdani untuk Menentukan Tingkat Resiko Gizi Buruk pada Ibu Hamil ( Studi Kasus Puskesmas Pemancungan)

Sari, Dini Kamala (2018) Penerapan Logika Fuzzy Metode Mamdani untuk Menentukan Tingkat Resiko Gizi Buruk pada Ibu Hamil ( Studi Kasus Puskesmas Pemancungan). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_Dini_Kamala_Sari_14030005_6432_2018.pdf

Download (27kB) | Preview

Abstract

Gizi adalah suatu proses organisme menggunakan makanan yang dikonsumsi secara normal melalui proses digesti, transportasi, penyimpanan, metabolisme dan pengeluaran zat-zat yang tidak digunakan untuk mempertahankan kehidupan, pertumbuhan dan fungsi normal dari organ-organ, serta menghasilkan energi. Kesalahan dalam pemantauan status gizi sangat berdampak buruk bagi ibu dan janin. Keadaan seperti ini tidak akan terjadi jika perhitungan dilakukan secara tepat. Untuk itu, dibutuhkan sebuah sistem perhitungan tingkat resiko gizi buruk pada ibu hamil. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana cara menentukan tingkat resiko gizi buruk pada ibu hamil dengan logika fuzzy metode Mamdani ? Penelitian ini merupakan penelitian terapan dengan penerapan logika fuzzy menggunakan metode Mamdani untuk mengetahui tingkat resiko gizi buruk pada ibu hamil. Populasi dan sampel yang digunakan adalah ibu hamil yang ada di lingkungan Puskesmas Pemancungan. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang terdiri dari data LILA, hemoglobin dan pertambahan berat badan ibu hamil. Perhitungan tingkat resiko gizi buruk pada ibu hamil dengan metode Mamdani dimulai dari menentukan himpunan fuzzy dari masing – masing variabel input dan output, menentukan aplikasi fungsi implikasi dengan fungsi MIN, komposisi aturan dengan fungsi MAX dan melakukan defuzzyfikasi dengan metode centroid. Hasil penelitian ini diperoleh langkah-langkah untuk menentukan tingkat resiko gizi buruk pada ibu hamil yang terdiri dari beberapa tahap, yaitu menentukan input dan output, menentukan semesta pembicaraan, menentukan kurva keanggotaan, menentukan nilai keanggotaan, aturan fuzzy, komposisi aturan fuzzy, dan menentukan tingkat resiko berdasarkan defuzzyfikasi. Dengan menstubtitusikan semua nilai pada variabel input maka dapat diperoleh tingkat resiko gizi buruk untuk masing-masing ibu hamil. Semua ibu hamil yang terdeteksi KEK masuk dalam kategori tingkat resiko tinggi dan sedang. Untuk ibu hamil yang status gizi normal ditemukan satu orang masuk dalam kategori tingkat resiko sedang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 23 Apr 2019 02:34
Last Modified: 23 Apr 2019 02:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21854

Actions (login required)

View Item View Item