Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Send a Problem Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Pariaman

Lubis, Rahma Sari (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Send a Problem Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Rahma_Sari_Lubis_14029015_6424_2018.pdf

Download (30kB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematika yang diharapkan dimiliki siswa dalam pembelajaran matematika. Namun pada kenyataannya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa masih rendah. Hal ini terlihat dari hasil observasi menunjukkan bahwa siswa belum terbiasa dalam menyelesaikan soal-soal non rutin dan belum terbiasa menggunakan langkah-langkah yang perlu dilaksanakan dalam menyelesaikan masalah. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa salah satunya adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe send a problem. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan apakah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe send a problem lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang pembelajaran menggunakan model pembelajaran langsung di kelas VIII SMP N 3 Pariaman. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi ekperimen dengan rancangan Randomized control grup only design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 3 Pariaman Tahun Ajaran 2018/2019. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Kelas VIII.6 terpilih menjadi kelas ekperimen dan kelas VIII.7 terpilih menjadi kelas kontrol. Pengambilan data dilakukan menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematis yang berbentuk soal essay. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe send a problem lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran langsung di kelas VIII SMP N 3 Pariaman dengan taraf kesalahan 5%. Hal tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe send a problem memberi pengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 18 Apr 2019 02:58
Last Modified: 18 Apr 2019 02:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21836

Actions (login required)

View Item View Item