Pengembangan Modul Larutan Penyangga Berbasis Pendekatan saintifik dengan Menerapkan Teknik Probing dan Promting untuk Kelas XI SMA/MA

Jannah, Wardhatul (2018) Pengembangan Modul Larutan Penyangga Berbasis Pendekatan saintifik dengan Menerapkan Teknik Probing dan Promting untuk Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_Wardhatul_Jannah_14035046_6366_2018.pdf

Download (28kB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 merekomendasikan proses pembelajaran sesuai pendekatan saintifik. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan modul larutan penyangga berbasis pendekatan saintifik dengan menerapkan teknik probing (menggali) dan promting (menuntun) untuk melatih kemampampuan berpikir peserta didik dalam menemukan konsep, serta menentukan tingkat validitas dan praktikalitas modul yang dikembangkan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan atau Research and Develop (R&D) dengan model pengembangan 4-D. Akan tetapi pada penelitian ini hanya dilakukan pada tahap define, design, dan develop. Modul yang dihasilkan dilakukan uji validitas oleh dosen kimia FMIPA UNP, guru kimia SMAN 7 Padang, SMAN 12 Padang, dan SMAN 13 Padang. Uji praktikalitas dilakukan dilakukan oleh sejumlah guru kimia SMAN 7 Padang dan SMAN 13 Padang, dan 27 orang peserta didik kelas XII MIPA 5 SMAN 7 Padang tahun ajaran 2018/2019. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket validitas dan angket praktikalitas yang hasilnya akan dianalisis menggunakan formula Kappa Cohen. Hasil uji validitas diperoleh ratarata momen kappa 0,94 dengan tingkat kevalidan sangat tinggi. Hasil uji praktikalitas modul oleh guru dan peserta didik diperoleh rata-rata momen kappa secara berurutan adalah 0,87 dan 0,73 dengan tingkat kepraktisan sangat tinggi dan tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 18 Apr 2019 02:58
Last Modified: 18 Apr 2019 02:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21833

Actions (login required)

View Item View Item