Pengaruh LKPD berbasis Saintifik Menggunakan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI MAN 2 Padang

Rahma, Elfiana Lathifa (2018) Pengaruh LKPD berbasis Saintifik Menggunakan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI MAN 2 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_Elfiana_Lathifa_Rahma_1305714_6222_2018.pdf

Download (24kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar fisika siswa kelas XI MIPA di MAN 2 Padang ternyata belum memenuhi harapan terlihat pada nilai siswa yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang ditetapkan. Penyebab belum optimalnya pencapaian hasil belajar disebabkan beberapa faktor diantaranya model pembelajaran yang digunakan belum ditunjang bahan ajar yang sesuai dengan model yang digunakan serta belum dimanfaatkannya fasilitas laboratorium secara optimal. Penggunaan model discovery learning dapat dijadikan salah satu alternatif untuk mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat pengaruh penggunaan LKPD berbasis saintifik menggunakan model discovery learning terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI MAN 2 Padang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi experiment (penelitian semu) dimana menggunakan rancangan penelitian randomized control-group only design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN 2 Padang yang terdaftar pada semester genap Tahun Ajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengambilan data pada penelitian dibatas pada dua ranah yaitu kognitif dan psikomotor. Instrumen yang digunakan pada ranah kognitif adalah tes tertulis dengan bentuk soal pilihan ganda dan untuk ranah psikomotor menggunakan instrumen unjuk kerja dengan menggunakan rubrik penskoran. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji kesamaan dua rata-rata. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen untuk hasil belajar pada ranah pengetahuan dan keterampilan lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Penggunaan LKPD berbasis saintifik menggunakan model discovery learning memberikan perbedaan yang cukup berarti dalam hasil belajar pada ranah pengetahuan dan keterampilan. Hasil hipotesis pada ranah pengetahuan dengan menggunakan uji statistik t menunjukkan nilai thitung= 9,5085 berada di luar daerah penerimaan H0 dengan ttabel = 2,0003 sehingga Hi diterima. Hasil belajar pada ranah keterampilan juga menunjukkan bahwa nilai thitung = 2,295 dengan nilai ttabel = 2,0003 dapat dilihat bahwa hasil hipotesis berada diluar daerah penerimaan H0, sehingga Hi diterima, yaitu terdapat pengaruh yang berarti penggunaan LKPD berbasis saintifik menggunakan model discovery learning terhadap hasil belajar fisika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 18 Apr 2019 02:58
Last Modified: 18 Apr 2019 02:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21831

Actions (login required)

View Item View Item