Pengembangan Modul Termokimia Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Eksperimen untuk Kelas XI SMA/MA

Alfirahmi, Alfirahmi (2018) Pengembangan Modul Termokimia Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Eksperimen untuk Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_Alfirahmi_14035049_6038_2018.pdf

Download (26kB) | Preview

Abstract

Termokimia merupakan materi yang berisi konsep abstrak sehingga materi ini dianggap sulit oleh siswa. Namun siswa dapat memahami materi tersebut apabila dibimbing untuk membangun pengetahuannya dengan cara penemuan konsep sendiri dan menempatkan siswa sebagai subjek belajar. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk mempelajari materi termokimia sesuai karakterisik materinya adalah model inkuiri terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul termokimia berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi eksperimen untuk siswa SMA/MA serta menentukan kategori validitas dan praktikalitas dari modul yang dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model 4-D, yaitu penelitian yang menghasilkan produk tertentu. Model 4- D terdiri dari empat tahapan yaitu (1) Define (Pendefinisian), (2) Design (Perancangan), (3) Develop (Pengembangan) dan (4) Disseminate (Penyebaran). Penelitian ini dibatasi pada uji validitas dan praktikalitas. Instrumen yang digunakan adalah angket validitas dan praktikalitas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran angket dan analisis data hasil penelitian menggunakan formula Kappa Cohen. Dari hasil analisis angket validitas diperoleh nilai momen kappa sebesar 0,81 dengan kategori sangat tinggi dan hasil analisis angket praktikalitas dari respon guru dan siswa berturut-turut sebesar 0,93 dan 0,81 dengan kategori sangat tinggi. Dapat disimpulkan bahwa, modul termokimia berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi eksperimen untuk siswa SMA/MA yang dihasilkan telah valid dan praktis, sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran kimia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 18 Apr 2019 02:58
Last Modified: 18 Apr 2019 02:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21829

Actions (login required)

View Item View Item