Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Kelas XI MIA SMAN 1 Batang Kapas

Fiska, Nissa (2018) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Kelas XI MIA SMAN 1 Batang Kapas. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Nissa_Fiska_14029035_5995_2018.pdf

Download (29kB) | Preview

Abstract

Penalaran matematis merupakan salah satu tujuan yang harus dikuasai oleh peserta didik dalam pembelajaran. Kenyataannya, penalaran matematis peserta didik kelas XI MIA SMAN 1 Batang Kapas masih rendah. Hal ini terlihat pada saat observasi dan rendahnya nilai test yang diberikan kepada peserta didik yang memuat indikator penalaran matematis. Solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran inquiry. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikanpenalaran matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran inquiry dan dibandingkan dengan penalaran matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran langsung. Jenis penelitian adalah quasi-eksperiment dengan rancangan penelitian Static Group Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas X MIA SMAN 1 Batang Kapas tahun pelajaran 2017/2018. Sampel penelitian adalah kelas XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen pada penelitian ini yaitu tes penalaran matematis. Tes akhir dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis tes akhir diperoleh P-value = 0,000 kurang dari α=0,05, artinyapenerapan model pembelajaran inquirymemberikan pengaruh terhadap kemampuan penalaran matematis peserta didik. Sehingga kemampuan penalaran matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran inquiry lebih baik daripada kemampuan penalaran matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran langsung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 18 Apr 2019 02:58
Last Modified: 18 Apr 2019 02:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21824

Actions (login required)

View Item View Item