Pengembangan Modul Problem Based Learning pada Materi Asam Basa Kelas XI SMA/MA

Sari, Meliza Novita (2018) Pengembangan Modul Problem Based Learning pada Materi Asam Basa Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_Meliza_Novita_Sari_14035008_6072_2018.pdf

Download (28kB) | Preview

Abstract

Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian pengembangan atau Reseach and Development (R&D). penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul asam basa berbasis problem based learning untuk pembelajaran kelas XI SMA/MA, serta mengukur kategori validitas dan praktikalitas dari modul tersebut. Model pengembangan yang digunakan dalam pengembangan ini adalah model 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu define, design, development dan disseminate. Namun, pada tahap disseminate tidak dilakukan karena keterbatasan waktu dan biaya. Modul asam basa problem based learning ini divalidasi oleh 5 orang validator yang terdiri dari 3 orang dosen kimia FMIPA UNP dan 2 orang guru kimia SMAN 1 Payakumbuh dengan menggunakan instrumen berupa lembar validasi. Uji praktikalitas dilakukan oleh 2 orang guru kimia dan 33 orang siswa kelas XII IPA 5 SMAN 1 Payakumbuh menggunakan instrumen berupa angket praktikalitas. Hasil analisis lembar validitas, praktikalitas guru dan siswa menunjukkan skor rata-rata momen kappa (k) berturut-turut adalah 0,82, 0,88 dan 0,80. Modul yang dihasilkan sangat valid dan praktis untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 16 Apr 2019 08:27
Last Modified: 16 Apr 2019 08:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21818

Actions (login required)

View Item View Item