Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 2 Padang tentang Materi Pencemaran Lingkungan

Daniati, Novia (2018) Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 2 Padang tentang Materi Pencemaran Lingkungan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_Novia_Daniati_14031096_6350_2018.pdf

Download (21kB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 menuntut peserta didik untuk mampu berpikir kritis. Kemampuan berpikir kritis ini dapat dilatih dengan menggunakan soal-soal yang yang memiliki indikator berpikir kritis, selain itu soal-soal tersebut juga harus memiliki tingkat kognitif C4 (menganalisis), C5 (mengevaluasi), dan C6 (mensintesis). SMP Negeri 2 Padang sudah menerapkan Kurikulum 2013 dalam pembelajaran, namun kemampuan berpikir kritis peserta didik belum diketahui. Soal-soal yang digunakan dalam mengevaluasi pembelajaran berada pada tingkat C1 dan C2, hal ini berarti soal-soal tersebut tidak dapat mengukur kemampuan berpikir kritis. Berdasarkan permasalah tersebut, peneliti melakukan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk menganalisis tingkat kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Padang pada materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari 48 orang siswa kelas VII SMP Negeri 2 Padang. Data diperoleh melalui teknik tes pilihan ganda beralasan dan tes uraian yang sudah valid dan reliabel berdasarkan hasilkan uji coba. Penelitian ini menghasilkan data bahwa indikator dengan persentase ratarata tertinggi adalah indikator inferensi 69,96% dengan kualifikasi cukup kritis; indikator memberi pernyataan dasar 60,62% dengan kualifikasi kurang kritis, dan; indikator memperkirakan 53,12%, indikator memberikan pernyataan lanjutan 44,39%, dan indikator dasar pengambilan keputusan 14,58% dengan kualifikasi tidak kritis. Kesimpulan penelitian ini adalah tingkat kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Padang masih berada pada kualifikasi tidak kritis dengan persentase rata-rata 48,53%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 16 Apr 2019 06:28
Last Modified: 16 Apr 2019 06:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21811

Actions (login required)

View Item View Item