Penerapan Metode CHAID untuk Mengklasifikasikan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Akademik Mahasiswa Jurusan Matematika Tahun Masuk 2016 FMIPA UNP

Merdekawati, Gina (2018) Penerapan Metode CHAID untuk Mengklasifikasikan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Akademik Mahasiswa Jurusan Matematika Tahun Masuk 2016 FMIPA UNP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_Gina_Merdekawati_15037015_6192_2018.pdf

Download (22kB) | Preview

Abstract

Jurusan matematika UNP termasuk salah satu jurusan yang banyak diminati setiap tahunnya. Namun daya tampung untuk penerimaan mahasiswa baru dibatasi. Dengan dibatasinya daya tampung untuk setiap jurusan menyebabkan terjadinya seleksi yang ketat sehingga mahasiswa yang diterima merupakan mahasiswa pilihan yang telah memenuhi kriteria penerimaan yang ditetapkan. Namun demikian masih saja ditemukan mahasiswa yang berkendala dalam proses pembelajaran. Hal ini berimbas pada hasil studi yang dicapai mahasiswa tidak seperti yang diharapkan. Faktor yang mempengaruhi prestasi akademik adalah jenis kelamin, rata-rata UN, asal sekolah, jalur masuk, pilihan jurusan, beasiswa, kuliah sambil kerja, aktif organisasi, bimbingan belajar (les) untuk mata pelajaran kuliah. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui variabel-variabel yang berpengaruh signifikan, klasifikasi, dan karakteristik yang terbentuk dari prestasi akademik mahasiswa Jurusan Matematika Tahun Masuk 2016 FMIPA UNP. Analisis CHAID adalah salah satu analisis data kategorik yang bertujuan untuk mengetahui klasifikasi/pengelompokkan faktor apa saja yang mempengaruhi prestasi akademik mahasiswa jurusan matematika FMIPA UNP. Data pada penelitian ini adalah data primer yang berasal dari pengisian kuisioner oleh mahasiswa jurusan matematika tahun masuk 2016 FMIPA UNP. Teknik pengambilan sampel yaitu total sampling. Hasil dari penelitian dengan menggunakan analisis CHAID menghasilkan 3 variabel yang berpengaruh signifikan terhadap prestasi akademik Jurusan Matematika tahun masuk 2016 FMIPA UNP yaitu beasiswa, bimbingan belajar (les) untuk mata pelajaran kuliah, dan asal sekolah yang terdiri dari 5 klasifikasi dengan ciri/karakteristik mahasiswa yang memiliki prestasi akademik tinggi dengan IPK minimal 3 adalah mahasiswa yang menerima beasiswa dan mengikuti bimbingan belajar (les) untuk mata pelajaran kuliah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika - D3
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 15 Apr 2019 04:37
Last Modified: 15 Apr 2019 04:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21796

Actions (login required)

View Item View Item