Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri 11 Padang

Silvia, Silvia (2018) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri 11 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Silvia_14029097_6023_2018.pdf

Download (30kB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematika merupakan salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki setiap peserta didik dalam belajar matematika. Namun, fakta dilapangan diperoleh bahwa pemahaman konsep matematika peserta didik kelas IX SMP Negeri 11 Padang masih rendah. Berdasarkan hasil observasi dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran masih terpusat pada guru, sehingga peserta didik cenderung pasif dalam pembelajaran. Upaya yang dapat dilakukan adalah melaksanakan model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, yaitu model kooperatif tipe TPSq. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik kelas IX SMP Negeri 11 Padang. yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPSq lebih baik daripada yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian adalah kuasi eksperimen dengan rancangan Static Group Design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas IX SMP Negeri 11 Padang Tahun Pelajaran 2018/2019. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling, terpilih kelas IX.D sebagai kelas eksperimen dan kelas IX.B sebagai kelas kontrol. Data pemahaman konsep matematika dianalisis menggunakan uji-t Berdasarkan analisis hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik, diperoleh rata-rata skor yang diperoleh peserta didik pada kelas eksperimen yaitu 19,97 dan rata-rata skor yang diperoleh peserta didik pada kelas kontrol yaitu 17,31. Hasil uji hipotesis menunjukkan pada taraf nyata α = 0,05 diperoleh p-value sebesar 0,012 atau tolak Ho, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPSq lebih baik daripada peserta didik yang belajar dengan pembelajaran konvensional di kelas IX SMP Negeri 11 Padang, sehingga dapat dikatakan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TPSq berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 15 Apr 2019 04:36
Last Modified: 15 Apr 2019 04:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21790

Actions (login required)

View Item View Item