Efektivitas Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIPA

Aziz, Ridho Abdul (2018) Efektivitas Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIPA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_Ridho_Abdul_Aziz_1301728_6143_2018.pdf

Download (25kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan lanjutan dari penelitian R & D dengan model pengembangan Plomp. Pada penelitian sebelumya telah disusun LKPD berbasis inkuiri terbimbing pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan yang valid dan praktis, namun belum diuji efektivitasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan efektivitas LKPD berbasis inkuiri terbimbing pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan menggunakan desain penelitian Non-Equivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA MA Negeri 2 Padang tahun ajaran 2017/2018. Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling dimana kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan dan kelas XI MIPA 5 sebagai kelas kontrol. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar berupa soal pilihan ganda, terdiri dari tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai N-Gain pada kelas eksperimen yaitu 0,68 dengan kategori sedang dan pada kelas kontrol diperoleh nilai N-Gain 0,55 dengan kategori sedang. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan diperoleh bahwa kedua kelas sampel terdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Hasil uji t pada taraf nyata 0,05 diperoleh bahwa harga thitung (4,21) > ttabel (1,669). Hal ini menunjukkan peningkatan hasil belajar peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan peningkatan hasil belajar siswa kelas kontrol secara signifikan. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan LKPD berbasis inkuiri terbimbing pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LT Textbooks
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 12 Apr 2019 07:07
Last Modified: 12 Apr 2019 07:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21787

Actions (login required)

View Item View Item