Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 15 Padang

Pratiwi, Ninda (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 15 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Ninda_Pratiwi_14029011_6217_2018.pdf

Download (25kB) | Preview

Abstract

Kemampuan penalaran matematis merupakan salah satu dari delapan tujuan pembelajaran matematika yang harus dicapai. Namun kenyataannya kemampuan penalaran matematis siswa masih belum optimal. Hal ini juga terlihat pada kelas VIII SMPN 15 Padang. Salah satu penyebabnya adalah pembelajaran di kelas yang belum sepenuhnya mampu memfasilitasi siswa untuk menggunakan dan mengembangkan kemampuan penalaran matematis dengan baik. Upaya untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa salah satunya adalah dengan menerapkan model pembelajaran generatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perkembangan kemampuan penalaran matematis siswa selama diterapkan model pembelajaran generatif dan untuk mendeskripsikan apakah kemampuan penalaran matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran generatif lebih baik daripada kemampuan penalaran matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung di kelas VIII SMPN 15 Padang. Penelitian ini merupakan gabungan dari penelitian deskriptif dan quasy experiment dengan rancangan penelitian Randomized Control-Group Only Design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 15 Padang tahun pelajaran 2018/2019. Sampel penelitian yaitu kelas VIII.2 dan VIII.3. Instrumen penelitian yang digunakan antara lain latihan dan tes kemampuan penalaran matematis. Data perkembangan kemampuan penalaran matematis dideskripsikan melalui hasil latihan selama penelitian, sedangkan tes kemampuan penalaran matematis dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis hasil latihan diperoleh perkembangan kemampuan penalaran matematis cenderung meningkat selama diterapkan model pembelajaran generatif. Pada analisis tes kemampuan penalaran matematis diperoleh P-value = 0,012 kurang dari a = 0,05, artinya kemampuan penalaran matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran generatif lebih baik daripada kemampuan penalaran matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung di kelas VIII SMPN 15 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 12 Apr 2019 07:07
Last Modified: 12 Apr 2019 07:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21782

Actions (login required)

View Item View Item