Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 7 Padang

Novesya, Tiara (2018) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 7 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Tiara_Novesya_14029038_6207_2018.pdf

Download (30kB) | Preview

Abstract

Komunikasi matematis merupakan salah satu tujuan yang harus dikuasai oleh siswa dalam pembelajaran.Kenyataannya, komunikasi matematis siswa kelas VIII SMPN 7 Padang masih rendah. Hal ini terlihat pada saat observasi dan rendahnya nilai tes yang diberikan kepada siswa yang memuat indikator kemampuan komunikasi matematis. Solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan komunikasi matematis siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Squaredan dibandingkan dengan komunikasi matematis siswa yang belajar dengan model pembelajaran langsung. Jenis penelitian adalah quasi-eksperiment dan deskriptif dengan rancangan penelitian Randomized Control-Group Only Design.Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 7 Padang tahun pelajaran 2018/2019.Sampel penelitian adalah kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.4 sebagai kelas kontrol. Instrumen pada penelitian ini yaitu kuis dan tes kemampuan komunikasi matematis.Tes akhir dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis tes akhir diperoleh P-value = 0,027 kurang dari α=0,05, artinya komunikasi matematis siswa yang belajar dengan model pembelajaran tipe Think Pair Square lebih baik daripada komunikasi matematis siswa yang belajar dengan model pembelajaran langsung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 12 Apr 2019 02:31
Last Modified: 12 Apr 2019 02:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21777

Actions (login required)

View Item View Item