Pengembangan LKS Berbasis Model Concept Attainment pada Materi Momentum, Impuls, dan Getaran Harmonis untuk Pembelajaran Fisika Kelas X SMA/MA

Ikbal, Wahyu Diana (2018) Pengembangan LKS Berbasis Model Concept Attainment pada Materi Momentum, Impuls, dan Getaran Harmonis untuk Pembelajaran Fisika Kelas X SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_Wahyu_Diana_Ikbal_14033106_6228_2018.pdf

Download (28kB) | Preview

Abstract

Fisika adalah salah satu mata pelajaran pada jenjang pendidikan menengah. Pembelajaran fisika dilaksanakan sesuai dengan kurikulum yang berlaku saat ini, yaitu kurikulum 2013. Pendekatan yang digunakan oleh Kurikulum 2013 adalah pendekatan saintifik. Pembelajaran dengan pendekatan saintifik adalah pembelajaran yang terdiri dari kegiatan mengamati, menanya, mencoba, mengasosiasi dan mengkomunikasikan. Kenyataan disekolah menunjukkan bahwa langkah-langkah dalam pendekatan saintifik belum dilaksanakan secara sempurna, rata-rata hasil belajar siswa masih dibawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) dan masih terbatasnya bahan ajar yang menunjang proses pembelajaran. Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan karena tidak menguasai konsep fisika. Salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah dengan membuat LKS berbasis model concept attainment. Pembuatan LKS berbasis model concept attainment dipandang dapat menyempurnakan pelaksanaan pendekatan saintifik dalam proses pembelajaran dan meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep fisika. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk menentukan validitas dan praktikalitas dari LKS berbasis model concept attainment pada materi momentum, impuls dan getaran harmonis. Penelitian yang dilakukan termasuk jenis Research and Development. Objek dari penelitian ini adalah LKS berbasis model concept attainment yang diuji cobakan kepada siswa kelas X SMAN 4 Pariaman. Instrumen pengumpul data yang digunakan dalam penelitian adalah lembar uji validitas dan lembar uji praktikalitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis validitas produk dan analisis praktikalitas produk. Berdasarkan analisis data dan hasil penelitian yang dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis model concept attainment efektiv untuk digunakan dalam pembelajaran fisika kelas X SMA/MA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 10 Apr 2019 04:12
Last Modified: 10 Apr 2019 04:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21749

Actions (login required)

View Item View Item