Efektivitas Penggunaan Media Permainan Ludo Berbasis Chemo Edutaiment Pada Materi Sistem Periodik Unsur Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 5 Padang

Yanida, Farly (2018) Efektivitas Penggunaan Media Permainan Ludo Berbasis Chemo Edutaiment Pada Materi Sistem Periodik Unsur Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 5 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_Farly_Yanida_1301755_6468_2018.pdf

Download (29kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tersedianya media permainan ludo berbasis chemo edutaiment pada materi sistem periodik yang belum diuji efektivitasnya terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan efektivitas penggunaan media permainan ludo berbasis chemo edutaiment pada materi sistem periodik unsur terhadap hasil belajar siswa kelas X SMAN 5 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian non-equivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA SMAN 5 Padang. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling sehingga terpilih kelas X MIPA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji kesamaan dua rata-rata (uji-t) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan uji N-Gain untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen dan kontrol masing-masing sebesar 85,67 dan 79,89 serta didukung oleh analisis uji-t yaitu thitung(2,84) > ttabel(1,67) pada taraf nyata != 0,05 dengan dk=70 dan peluang t0.95. Peningkatan pemahaman yang lebih baik juga terjadi di kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata uji N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,76 dengan kategori tinggi dan kelas kontrol sebesar 0,63 dengan kategori sedang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 10 Apr 2019 04:12
Last Modified: 10 Apr 2019 04:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21748

Actions (login required)

View Item View Item