Pengembangan Modul Bimbingan dan Konseling untuk Membantu Persiapan Pembebasan Bersyarat Narapidana Remaja: tahun ke 2 dari rencana 2 Tahun

Alizamar, Alizamar and Mudjiran, Mudjiran (2018) Pengembangan Modul Bimbingan dan Konseling untuk Membantu Persiapan Pembebasan Bersyarat Narapidana Remaja: tahun ke 2 dari rencana 2 Tahun. Project Report. BK FIP UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
PENGEMBANGAN MODUL BIMBINGAN DAN KONSELING NAPI KEDUA ok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Remaja sebagai individu yang berkembang mengalami perubahan dalam berbagai aspek kehidupannya. Berbagai perubahan dimaksud dapat menyebabkan remaja melakukan perbuatan menyimpang yang dapat menyebabkan mereka di jatuhi hukum/ di penjara. Kehidupan di penjara adalah kehidupan yang sangat membutuhkan dukungan psikologis dari semua kalangan sehingga pada nantinya remaja yang sudah keluar dari penjara tidak lagi melakukan perbuatan yang melanggar hukum. Berbagai masalah psikologis di alami oleh remaja dalam rangka menyiapkan diri memasuki masa pembebasan, diantaranya ketakutan tidak akan diterima di masyarakat, ketidakmampuan bergaul dalam lingkungan sosial nantinya hingga permasalahan berkenaan dengan rencana akademik/ karir setelah bebas nantinya. Permasalahan ini ditambah oleh ketiadaan tenaga ahli yang memadai untuk melakukan berbagai intervensi psikologis sehingga remaja siap menghadapi masa pembebasannya serta tidak adanya modul/media pembelajaran yang dapat digunakan oleh remaja narapidana tersebut. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan desain ADDIE, yang direncanakan selama 2 (dua) tahun. Penelitian ini dilakukan pada Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Tanjung Pati Limapuluhkota Sumatera Barat. Pada tahun pertama sudah dilakukan studi pendahuluan berkenaan dengan masalah-masalah yang dialami narapidana remaja dan penyusunan modul hipotetik bimbingan dan konseling, yaitu modul bimbingan pribadi, modul bimbingan karir, modul bimbingan sosial dan modul bimbingan akademik. Pada tahun ke dua dilakukan validasi ahli untuk menemukan modul yang layak pakai. Data di analisis secara deskriptif dan analisis uji koefisien konkordansi Kendall untuk melihat keterpakaian modul. Penelitian ini telah berhasil membantu percepatan studi 4 (empat) orang mahasiswa S2 Bimbingan dan Konseling, dengan fokus kepada 4 produk modul, yakni modul bimbingan karir untuk membantu perencanaan karir, modul bimbingan dan konseling untuk mengurangi social anxiety, modul keterampilan belajar dan modul psychological well-being. Di samping itu, sebagai luaran penelitian tahun pertama telah dihasilkan 4 (empat) artikel yang telah accepted pada Jurnal nasional serta 4 orang mahasiswa S2 di wisuda. Pembahasan berkenan dengan hasil diuraikan lebih lanjut.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 09 Apr 2019 04:54
Last Modified: 09 Apr 2019 09:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21743

Actions (login required)

View Item View Item