Pengembangan Kompetensi Konselor Lintas Budaya Berdasarkan Faktor Kreativogenik Mahasiswa: tahun 1 dari Rencana 2 Tahun

Alizamar, Alizamar and Afdal, Afdal and Hariko, Reski (2016) Pengembangan Kompetensi Konselor Lintas Budaya Berdasarkan Faktor Kreativogenik Mahasiswa: tahun 1 dari Rencana 2 Tahun. Project Report. FIP UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
PENGEMBANGAN KOMPETENSI KONSELOR LINTAS BUDAYAok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Beberapa penelitian dalam bidang pendidikan dan kreativitas menunjukkan bahwa sistem pendidikan formal di Indonesia pada umumnya masih kurang memberikan kesempatan bagi pengembangan kreativitas peserta didik, sehingga menciptakan peserta didik yang hanya mengedepankan kemampuan kognitif semata, menginginkan sesuatu yang instan, mengedepankan perilaku yang tidak mau mengeksplorasi sehingga mengakibatkan individuindividu yang lemah, tidak memiliki daya saing tinggi, mencontek, tidak mandiri sampai individu yang tidak kreatif. Hal ini menunjukkan bahwa perlu usaha bersama untuk mengembangkan potensi peserta didik, khususnya kreativitas melalui upaya pendidikan baik itu formal, informal maupun non formal. Upaya pendidikan tersebut tidak terlepas dari peran budaya yang ada di masyarakat luas yang mempengaruhi pola pikir, pola rasa, pola tindak peserta didik itu sendiri. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan faktor kreativogenik mahasiswa Universitas Negeri Padang yang dilihat pada aspek ketersediaan sarana kebudayaan, keterbukaan terhadap rangsangan kebudayaan, proses menjadi tumbuh, kesempatan bebeas terhadap media kebudayaan, munculnya kebebasan dan keterbukaan terhadap rangsangan budaya yang berbeda bahkan yang kontras, Toleransi dan minat terhadap pandangan yang divergen, interaksi sosial historis dan adanya insentif, penghargaan atau hadiah sebagai reinforcing (memperkuat) tingkah laku kreatif. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah Alat Ukur Kreativitas (AUKREAF) yang digunakan untuk informasi klasifikasi kreativitas siswa dan Alat Ukur Kreativogenic (AUKREAC) yang digunakan untuk memperoleh informasi berkenaan dengan faktor kreativogenic mahasiswa Universitas Negeri Padang. Sampai saat ini hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan kreativitas mahasiswa UNP pada umumnya berada dalam kategori tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum faktor budaya yang mempengaruhi kreativitas mahasiswa berada pada kategori cukup tinggi. Implikasi dan saran dibahas lebih lanjut khususnya dalam pengembangan program kreativitas mahasiswa

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 09 Apr 2019 03:55
Last Modified: 09 Apr 2019 09:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21740

Actions (login required)

View Item View Item