Analisis Hasil Belajar Mahasiswa Jurusan Bimbingan dan Konseling FIP UNP Ditinjaun dari Mutu Kegiatan Belajar, Angkatan, Status Masuk dan Jenis Kelamin

Erlamsyah, Erlamsyah and Daharnis, Daharnis and Alizamar, Alizamar and Ifdil, Ifdil (2011) Analisis Hasil Belajar Mahasiswa Jurusan Bimbingan dan Konseling FIP UNP Ditinjaun dari Mutu Kegiatan Belajar, Angkatan, Status Masuk dan Jenis Kelamin. Project Report. BK FIP UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
ANALISIS HASIL BELAJAR MAHASISWA ok.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar mahasiswa Jurusan Bimbingan dan Konseling perlu selalu ditingkatkan. Untuk peningkatan hasil belajar itu diperlukan kajian dan pemahaman yang mendalam mengenai berbagai variabel yang terkait dengan hasil belajar tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan beberapa variabel yang berpengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa sebagaimana dimaksudkan, yaitu berkenaan dengan kegiatan belajar yang dikaitkan dengan status dan tahun masuk serta jenis kelamin mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-korelasional dan komparatif. Penelitian dilakukan terhadap mahasiswa tahun masuk 2008, 2009, dan 2010, baik dengan status masuk Reguler maupun Reguler Mandiri. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Stratified Propotional Random Sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Data dianalisis dengan statistik deskriptif, korelasi, Anava, dan uji t dengan menggunakan program SPSS versi 15 for windows. Hasil penelitian menunjukkan, Secara rata-rata mahasiswa memiliki mutu kegiatan belajar yang baik, dan memiliki hasil belajar yang tergolong tinggi. Terdapat variasi antar mahasiswa ditinjau dari status masuk, tahun masuk/angkatan, dan jenis kelamin untuk kedua variabel penelitian, serta adanya hubungan yang signifikan antara kegiatan belajar dengan hasil belajar mahasiswa, dengan sumbangan efektif sebesar 25,7%. Beberapa saran dikemukakan antara lain kepada dosen, dosen PA, dan pihak terkait lainnya agar melakukan kerjasama yang terprogram membina dan mengembangkan kegiatan belajar mahasiswa yang akan berdampak pada peningkatan hasil belajar mahasiswa, misalnya melalui pembenahan proses pembelajaran, dan melakukan pelayanan bimbingan dan konseling terhadap mahasiswa, antara lain dengan mengembangkan keterampilan belajar mahasiswa yang bukan hanya mengarah pada kuantitas tetapi juga pada kualitas belajar Kepada peneliti lanjutan disarankan untuk menindaklanjuti hasil penelitian ini dengan mengarah kepada pengembangan model pelayanan dalam mengembangkan kegiatan belajar mahasiswa.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 09 Apr 2019 03:50
Last Modified: 09 Apr 2019 09:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21739

Actions (login required)

View Item View Item