Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Aktivitas dan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Padang

Karnela, Media (2018) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Aktivitas dan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Media_Karnela_14029082_6226_2018.pdf

Download (30kB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematika merupakan salah satu kemampuan kognitif yang diharapkan dapat dimiliki oleh setiap peserta didik dalam pembelajaran matematika. Namun, pada kenyataannya terlihat bahwa pemahaman konsep matematika peserta didik di kelas VIII SMPN 3 Padang masih rendah, sehingga perlu ditingkatkan. Salah satu upaya untuk mengatasinya adalah dengan menerapkan suatu model pembelajaran yang dapat memfasilitasi siswa dalam memahami materi dan membangun pengetahuannya sendiri. Model pembelajaran yang dapat diterapkan yaitu model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Berdasarkan permasalahan tersebut, dilakukan penelitian untuk mendeskripsikan apakah kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Negeri 3 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan static group design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Padang tahun pelajaran 2018/2019. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik random sampling, kelas VIII.4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.2 sebagai kelas kontrol. Pengambilan data dilakukan menggunakan tes pemahaman konsep matematika berbentuk soal uraian, yang kemudian dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang pembelajarannya menerapkan model TPS lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang pembelajarannya menerapkan pembelajaran konvensional pada kelas VIII SMP Negeri 3 Padang untuk taraf nyata �=0,05. Ini berarti bahwa model TPS berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 08 Apr 2019 09:08
Last Modified: 08 Apr 2019 09:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21731

Actions (login required)

View Item View Item