Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik di Kelas XII IPS SMA Negeri 3 Pariaman

Dilla, Limutia Dilla (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik di Kelas XII IPS SMA Negeri 3 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Limutia_Dilla_14029058_6458_2018.pdf

Download (32kB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan salah satu tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat dicapai dengan optimal oleh peserta didik. Namun pada kenyataannya kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik masih belum optimal. Hal ini terlihat di kelas XII IPS SMA Negeri 3 Pariaman. Salah satu faktor penyebabnya adalah pembelajaran yang belum sepenuhnya mampu memfasilitasi peserta didik dalam mengonstruksi konsep matematis dengan baik. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perbedaan pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional, serta untuk menjelaskan peningkatan sikap positif peserta didik kelas XII IPS SMA Negeri 3 Pariaman terhadap pelajaran matematika. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasy experiment) dan deskriptif, dengan rancangan penelitian Randomized Control- Group Only Design. Populasi pada penelitian ini adalah kelas XII IPS SMA Negeri 3 Pariaman dengan sampel kelas XII IPS 3 dan XII IPS 4. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematis yang berbentuk soal essay dan angket sikap. Berdasarkan hasil analisis data, dapat dilihat bahwa pada taraf signifikan 0,05 dengan melakukan uji-t diperoleh P-value = 0,006, karena P-value

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 08 Apr 2019 09:08
Last Modified: 08 Apr 2019 09:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21729

Actions (login required)

View Item View Item