Penerapan Analisis Faktor Konfirmatori untuk Mengetahui Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Akademik Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Matematika UNP Angkatan 2016)

Oktriatama:, Rafi (2018) Penerapan Analisis Faktor Konfirmatori untuk Mengetahui Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Akademik Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Matematika UNP Angkatan 2016). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_Rafi_Oktriatama_15037027_6367_2018.pdf

Download (25kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi akademik mahasiswa yaitu faktor lingkungan keluarga, minat belajar, lingkungan kampus, dan persepsi mahasiswa terhadap dosen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi prestasi akademik mahasiswa di Jurusan Matematika Universitas Negeri Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Matematika angkatan 2016 yang terdaftar pada semester Juli- Desember 2018 yang berjumlah 257 orang dengan sampel berjumlah 157 orang. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah Proportionate Random Sampling. Kemudian dilakukan penyebaran kuesioner yang terdiri dari 13 item pernyataan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis faktor konfirmatori. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi akademik mahasiswa di Jurusan Matematika Universitas Negeri Padang yaitu variabel laten lingkungan keluarga terdapat tiga variabel indikator yang berpengaruh yaitu bimbingan orang tua, suasana tempat tinggal, keadaan ekonomi keluarga. Kedua variabel laten minat belajar terdapat empat variabel indikator yang berpengaruh yaitu perasaan senang terhadap pelajaran, ketertarikan terhadap pelajaran, perhatian mahasiswa terhadap pelajaran, dan keterlibatan mahasiswa terhadap pelajaran. Ketiga variabel laten lingkungan kampus terdapat dua variabel indikator yang berpengaruh yaitu sarana prasarana kampus dan fasilitas ruang belajar. Keempat variabel laten persepsi mahasiswa terhadap dosen terdapat tiga variabel indikator yang berpengaruh yaitu kesukaan terhadap dosen, sistem evaluasi oleh dosen, dan sistem pembelajaran oleh dosen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika - D3
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 08 Apr 2019 09:08
Last Modified: 08 Apr 2019 09:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21728

Actions (login required)

View Item View Item