Sakti, Lusy Ela (2018) Deskripsi Kesulitan Belajar Siswa SMA Pada Materi Stoikiometri. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
A_07_Lusy_Ela_Sakti_1305821_6092_2018.pdf Download (25kB) | Preview |
Abstract
Materi stoikiometri merupakan materi yang dipelajari siswa SMA di kelas X semester genap. Pada materi ini, 91,44% siswa SMAN 4 Kerinci kelas X MIPA belum mampu mencapai kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan. Hal ini mengindikasikan bahwa siswa mengalami kesulitan belajar. Kesulitan belajar merupakan kegagalan dalam mencapai tujuan belajar yang ditandai dengan hasil belajar yang rendah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui persentase kesulitan belajar siswa pada materi stoikiometri dan mengetahui faktor penyebab kesulitan belajar siswa secara internal. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 2 SMAN 4 Kerinci. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes uraian, angket dan wawancara. Untuk analisis data digunakan analisis deskriptif. Dari hasil penelitian ini diperoleh data bahwa Siswa SMAN 4 Kerinci mengalami kesulitan belajar pada materi stoikiometri dengan kategori sangat tinggi. Tingkat kesulitan belajar siswa paling tinggi terdapat pada indikator 9 yaitu menentukan banyaknya zat dalam campuran (% massa, % volume, molalitas, dan fraksimol) pada soal nomor 13 sebesar 99,7% dengan kategori sangat tinggi. Kesulitan belajar yang dialami siswa disebabkan karena siswa tidak berminat, tidak termotivasi, dan tidak berbakat pada materi stoikiometri.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos. |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 09:08 |
Last Modified: | 08 Apr 2019 09:08 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21727 |
Actions (login required)
View Item |