Analisis Kesalahan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Kesadaran Metakognisi di Kelas VIII SMPN 4 Padang

Nisa, Canny Audia (2018) Analisis Kesalahan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Kesadaran Metakognisi di Kelas VIII SMPN 4 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Canny_Audia_Nisa_14029003_6397_2018.pdf

Download (22kB) | Preview

Abstract

Soal cerita menjadi bagian penting dalam matematika karena digunakan untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan formal dalam situasi dunia nyata. Kenyataannya masih banyak siswa yang mengalami kesalahan pada saat menyelesaikan soal cerita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan siswa dalam penyelesaian soal cerita berdasarkan tingkat kesadaran metakognisinya, serta mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkannya. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan subjek yaitu peserta didik kelas VIII.2 SMPN 4 Padang yang mengalami kesalahan pada saat menyelesaikan soal cerita. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian angket kesadaran metakognisi, tes soal cerita, dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan deskriptif kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data, kesimpulan, dan triangulasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa siswa dengan tingkat kesadaran metakognisi Super melakukan kesalahan pemahaman soal, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan encoding. Siswa dengan tingkat kesadaran metakognisi Ok melakukan kesalahan pemahaman soal, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan encoding. Siswa dengan tingkat kesadaran metakognisi Development melakukan kesalahan pemahaman soal dan kesalahan encoding. Serta siswa dengan tingkat kesadaran metakognisi Cannot really melakukan kesalahan pemahaman soal, kesalahan transformasi, dan kesalahan encoding. Faktor internal yang menyebabkan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita adalah 1) kebiasaan siswa yang tidak mengulang pelajaran; 2) kurangnya perhatian siswa terhadap pelajaran matematika. Sedangkan Faktor eksternal yang menyebabkan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita adalah 1) pengaruh teman; 2) suara guru yang pelan dan cepat saat menjelaskan pelajaran; 3) jadwal pelajaran matematika yang menjelang siang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 08 Apr 2019 02:21
Last Modified: 08 Apr 2019 02:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21708

Actions (login required)

View Item View Item