Pengembangan Ludo Word Game (LWG) Kimia sebagai Media Pembelajaran pada Materi Zat Aditif dan Zat Adiktif Kelas VIII SMP

Darma, Silvia (2018) Pengembangan Ludo Word Game (LWG) Kimia sebagai Media Pembelajaran pada Materi Zat Aditif dan Zat Adiktif Kelas VIII SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_Silvia_Darma_14035032_5984_2018.pdf

Download (31kB) | Preview

Abstract

Ludo Word Game (LWG) kimia merupakan salah satu media pembelajaran berupa permainan sebagai variasi latihan untuk memantapkan konsep siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LWG kimia sebagai media pembelajaran pada materi Zat Aditif dan Zat Adiktif dan menentukan tingkat validitas dan pratikalitasnya berdasarkan fungsi media. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menerapkan model 4-D (fourDmodels) yaitu (1) define (pendefinisian), (2) design (perancangan), (3) develop (pengembangan), dan (4) disseminate (penyebaran). Media pembelajaran ini divalidasi oleh empat orang dosen jurusan Kimia FMIPA UNP dan satu orang guru IPA SMPN 7 Padang. Penentuan tingkat praktikalitas diperoleh dari dua orang guru IPA SMPN 7 Padang dan 32 orang siswa kelas IX.2 SMPN 7 Padang.Instrumen yang digunakan adalah angket validasi dan praktikalitas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran angket dan data dianalisis menggunakan formula Kappa Cohen. Hasil analisis data diperoleh bahwa LWG kimia sebagai media pembelajaran pada materi Zat Aditif dan Zat Adiktif mempunyai validitas sebesar0,79 dengan kategori kevalidantinggi dan nilai praktikalitas guru dan siswa sebesar 0,84 dengan kategori kepraktisan yang sangat tinggi. Data ini menunjukkan bahwa LWG kimiayang dikembangkan dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada materi Zat Aditif dan Zat Adiktif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 08 Apr 2019 02:21
Last Modified: 08 Apr 2019 02:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21704

Actions (login required)

View Item View Item