Pengaruh Model Learning Cycle 5E Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 30 Padang

Nasri, Rahmadina (2018) Pengaruh Model Learning Cycle 5E Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 30 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Rahmadina_Nasri_1305633_6383_2018.pdf

Download (27kB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematika merupakan salah satu kemampuan kognitif yang harus dimiliki oleh setiap siswa dalam pembelajaran matematika. Namun dari hasil belajar terlihat bahwa pemahaman konsep matematika siswa di kelas VIII SMPN 30 Padang masih rendah. Selain itu, siswa kurang aktif terlibat dalam proses pembelajaran. Alternatif yang dapat dijadikan solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model Learning Cycle 5E. Setiap tahap dari model Learning Cycle 5E akan menuntun siswa secara optimal dalam memahami konsep dengan baik. Oleh karena itu, akan dilaksanakan penelitian berkaitan dengan hal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan model Learning Cycle 5E lebih baik daripada pemahaman konsep matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan model pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 30 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan Static Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 30 Padang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling yang terpilih siswa kelas VIII.5 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.3 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian adalah tes akhir yang dianalisis menggunakan uji hipotesis. Berdasarkan analisis data, diperoleh P-value sebesar 0,017 yang mana Pvalue lebih kecil daripada taraf nyata sebesar 0,05. Hasil yang diperoleh adalah kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan model Learning Cycle 5E lebih baik dari pada siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 30 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 08 Apr 2019 02:21
Last Modified: 08 Apr 2019 02:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21700

Actions (login required)

View Item View Item