Kontribusi Pemahaman Kosakata Bidang Jurnalistik terhadap Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 22 Padang

Yonafri, Cindy (2019) Kontribusi Pemahaman Kosakata Bidang Jurnalistik terhadap Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 22 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Cindy_Yonafri_15016060_404_2019.pdf

Download (28kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan latar belakang masalah, tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan tingkat pemahaman kosakata bidang jurnalistik siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Padang. Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Padang. Ketiga, mendeskripsikan kontribusi pemahaman kosakata bidang jurnalistik terhadap keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskripstif dengan desain korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Padang yang berjumlah 223 orang yang terbagi menjadi delapan kelas. Sampel penelitian ini berjumlah 44 orang. Penelitian ini terdiri atas dua variabel, yaitu variabel bebas (pemahaman kosakata siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Padang) dan variabel terikat (keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Padang). Instrument penelitian ini adalah tes objektif untuk pemahaman kosakata dan tes unjuk kerja untuk keterampilan menulis teks berita. Data penelitian ini adalah skor hasil tes pemahaman kosakata dan skor hasil tes keterampilan menulis teks berita. Data yang berhasil terkumpul dianalisis sesuai indikator untuk mendapatkan skor dan nilai siswa. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, disimpulkan tiga hal sebagai berikut. Pertama, pemahaman kosakata bidang jurnalisik siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Padang berada pada kualifikasi Baik (83,88). Kedua, keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Padang berada pada kelaifikasi Baik (81,91). Ketiga, pemahaman kosakata bidang jurnalistik berkontribusi terhadap keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Padang. Dengan demikian, untuk keterampilan menulis teks berita diperlukan pemahaman kosakata bidang jurnalistik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 04 Apr 2019 01:41
Last Modified: 04 Apr 2019 01:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21669

Actions (login required)

View Item View Item