Performa Bahasa dan Kesantunan Komunikasi Tulis Pejabat Legislatif dan Tokoh Partai Tingkat Kota di Sumatra Barat dalam Media Sosial

Maharanni, Maharanni (2019) Performa Bahasa dan Kesantunan Komunikasi Tulis Pejabat Legislatif dan Tokoh Partai Tingkat Kota di Sumatra Barat dalam Media Sosial. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_Maharanni_15017043_825_2019.pdf

Download (27kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan performa bahasa dari segi (1) penggunaan Ejaan Bahasa Indonesia, (2) pemilihan kosakata, (3) struktur kalimat, (4) prinsip kerja sama, 5) penggunaan prinsip sopan santun berbahasa oleh pejabat legislatif dan tokoh partai tingkat kota di Sumatra Barat dalam media sosial. Jenis penelitian ini, penelitian kulitatif dengan metode desktiptif. Temuan penelitian ini adalah, Pertama, dari segi EBI, ditemukan ketidaktepatan yang paling dominan yaitu pada penggunaan tanda titik. Teori yang dilanggar yaitu penggunaan tanda titik seharusnya dipakai pada akhir kalimat. Akan tetapi, pada data ditemukan bahwa banyak digunakan tanda titik di tengah kalimat. Di sisi lain juga ditemukan ketepatan pada penggunaan EBI dalam jenis kata berimbuhan. Ketepatan tersebut yaitu kata berimbuhan ditulis serangkai dengan bentuk dasarnya. Kedua, dari segi penggunaan kosakata, ditemukan yang paling dominan penggunaan kosakata baku. Ketiga, dari segi struktur kalimat ditemukan bahwa yang paling dominan adalah kalimat versi dengan pola S-P-O-Pel-K. Jenis kalimat yang banyak ditemukan adalah kalimat majemuk. Keempat, dari segi prinsip kerja sama ditemukan yang paling dominan yaitu prinsip kerja sama untuk mematuhi maksim cara dan untuk pelanggaran yang paling dominan yaitu maksim kuantitas. Kelima, dari segi prinsip kesantunan ditemukan yang dominan yaitu pematuhan maksim kesimpatian, sedangkan yang dominan melanggar ditemukan yaitu maksim penghargaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 04 Apr 2019 01:40
Last Modified: 04 Apr 2019 01:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21660

Actions (login required)

View Item View Item