Hubungan Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Padang

Simanjuntak, Nurmina (2019) Hubungan Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Nurmina_Simanjuntak_14016045_95_2019.pdf

Download (29kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VII SMP Negeri 7 Padang. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 7 Padang. Ketiga, mendeskripsikan hubungan keterampilan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 7 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Metode yang digunakan adalah korelasional. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 7 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah 249 siswa yang tersebar dalam delapan kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa sebanyak 40 orang siswa (15% dari jumlah populasi siswa per kelas). Teknik yang digunakan dalam penarikan sampel adalah proportional random sampling. Variabel penelitian ini adalah keterampilan membaca pemahaman sebagai variabel bebas dan keterampilan menulis teks deskripsi sebagai variabel terikat. Instrumen penelitian ini adalah tes objektif, yaitu tes membaca pemahaman dan tes unjuk kerja yaitu tes menulis teks deskripsi. Data penelitian ini adalah skor dari tes objektif untuk keterampilan membaca pemahaman dan skor tes unjuk kerja untuk keterampilan menulis teks deskripsi. Data yang sudah terkumpul dianalisis sesuai indikator untuk mendapatkan nilai. Uji persyaratan analisis data, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas data. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VII SMP Negeri 7 Padang berada pada kualifikasi baik dengan nilai rata-rata 83,30. Kedua, keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 7 Padang berada pada kualifikasi baik dengan nilai rata-rata 81,93.Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 7 Padang, yaitu thitung>ttabel (6,94>1,70) dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima karena hasil pengujian membuktikan bahwa thitung lebih besar dari ttabel Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VII SMP Negeri 7 Padang memiliki hubungan yang signifikan dengan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 7 Padang. Dengan demikian, untuk keterampilan menulis teks deskripsi diperlukan keterampilan membaca pemahaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 29 Mar 2019 03:28
Last Modified: 29 Mar 2019 03:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21638

Actions (login required)

View Item View Item