Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Menulis Teks Laporan Observasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 22 Padang

Melisa, Elda (2019) Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Menulis Teks Laporan Observasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 22 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Elda_Melisa_15016141_431_2019.pdf

Download (27kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis teks laporan observasi siswa kelas VII SMP Negeri 22 Padang sebelum menggunakan model discovery learning. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks laporan observasi siswa kelas VII SMP Negeri 22 Padang sesudah menggunakan model discovery learning. Ketiga, menganalisis pengaruh model discovery learning terhadap keterampilan menulis teks laporan observasi siswa kelas VII SMP Negeri 22 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah one group pretest and posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 22 Padang yang terdaftar tahun pelajaran 2018/2019. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling yang terdiri atas satu kelompok. Penelitian ini menggunakan dua variabel. Pertama, keterampilan menulis teks laporan observasi siswa kelas VII SMP Negeri 22 Padang sebelum menggunakan model discovery learning. Kedua, keterampilan menulis teks laporan observasi siswa kelas VII SMP Negeri 22 Padang sesudah menggunakan model discovery learning. Data dalam penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan menulis teks laporan observasi sebelum dan sesudah menggunakan model discovery learning siswa kelas VII SMP Negeri 22 Padang. Data dianalisis dengan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, dan uji-t. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes keterampilan menulis teks laporan observasi sebelum dan sesudah menggunakan model discovery learning siswa kelas VII SMP Negeri 22 Padang. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, keterampilan menulis teks laporan observasi siswa kelas VII SMP Negeri 22 Padang sebelum menggunakan model discovery learning berada pada kualifikasi lebih dari cukup. Kedua, keterampilan menulis teks laporan observasi siswa kelas VII SMP Negeri 22 Padang sesudah menggunakan model discovery learning berada pada kualifikasi baik. Ketiga, penggunaan model discovery learning berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks laporan observasi siswa kelas VII SMP Negeri 22 Padang pada taraf signifikansi 0,95 dan dk=n-1 karena thitung>ttabel (5,81>1,70).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 29 Mar 2019 03:27
Last Modified: 29 Mar 2019 03:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21636

Actions (login required)

View Item View Item