Pengaruh Penggunaan Teknik Copy The Master terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Pariaman

Putri, Puput Anggraini (2019) Pengaruh Penggunaan Teknik Copy The Master terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Puput_Anggraini_Putri_15016069_574_2019.pdf

Download (29kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk (1) mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Pariaman sebelum menggunakan teknik copy the master, (2) mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Pariaman sesudah menggunakan teknik copy the master, dan (3) menganalisis pengaruh penggunaan teknik copy the master terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini One Group Pretest and Posttest Design. Populasi siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Pariaman sebanyak 116 siswa yang tersebar dalam empat kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII 4 SMP Negeri 5 Pariaman dengan jumlah 26 siswa yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah keterampilan menulis teks eksposisi siswa sebelum dan sesudah menggunakan teknik copy the master. Instrumen yang digunakan di dalam penelitian ini tes unjuk kerja. Data penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Pariaman sebelum dan sesudah menggunakan teknik copy the master. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan pretest, perlakuan, dan posttest. Uji persyaratan analisis yang dilakukan adalah uji normalitas dan uji homogenitas data. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Pariaman sebelum menggunakan teknik copy the master berada pada kualifikasi Hampir Cukup (HC) dengan skor rata-rata 57,69. Kedua, keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Pariaman sesudah menggunakan teknik copy the master berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan skor rata-rata 75,64. Ketiga, berdasarkan uji-t pada taraf 0,95 diperoleh thitung >ttabel (7,36> 1,71). Jadi, dapat dikatakan bahwa H1 diterima. Hal itu berarti terdapat pengaruh penggunaan teknik copy the master terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Pariaman. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa nilai keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Pariaman sesudah menggunakan teknik copy the master lebih baik dibandingkan nilai keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Pariaman sebelum menggunakan teknik copy the master. Dengan demikian, teknik copy the master dapat diterapkan dalam pembelajaran keterampilan menulis teks eksposisi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 29 Mar 2019 03:27
Last Modified: 29 Mar 2019 03:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21630

Actions (login required)

View Item View Item