Kontribusi Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Cerita Fantasi terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerita Fantasi Siswa Kelas VII SMP Pembangunan Laboratorium UNP

Nurhafika, Nurhafika (2019) Kontribusi Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Cerita Fantasi terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerita Fantasi Siswa Kelas VII SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Nurhafika_15016049_941_2019.pdf

Download (27kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman teks cerita fantasi siswa kelas VII SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Ketiga, mendeskripsikan kontribusi membaca pemahaman teks cerita fantasi dengan keterampilan menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Desain penelitian ini adalah desain kontribusi. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Pembangunan Laboratorium UNP yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019, sebanyak 85 orang siswa. Jumlah sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, yaitu 59 orang siswa. Data penelitian ini berupa skor hasil tes keterampilan membaca pemahaman teks cerita fantasi dan skor hasil tes keterampilan menulis teks cerita fantasi. Instrumen penelitian ini yaitu tes objektif untuk mengukur keterampilan membaca pemahaman teks cerita fantasi dan tes unjuk kerja untuk mengukur keterampilan menulis teks cerita fantasi. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII SMP Pembangunan Laboratorium UNP berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC). Kedua, keterampilan membaca pemahaman teks cerita fantasi siswa kelas VII SMP Pembangunan Laboratorium UNP berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC). Ketiga, terdapat kontribusi keterampilan membaca pemahaman teks cerita fantasi terhadap keterampilan menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa terdapat kontribusi keterampilan membaca pemahaman teks cerita fantasi terhadap keterampilan menulis teks cerita fantasi. Dengan demikian, apabila keterampilan membaca pemahaman teks cerita fantasi siswa baik, maka keterampilan menulis teks cerita fantasi siswa juga akan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 28 Mar 2019 02:24
Last Modified: 28 Mar 2019 02:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21607

Actions (login required)

View Item View Item