Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Padang

Fadillah, Ummi (2019) Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Ummi_Fadillah_15016029_433_2019.pdf

Download (29kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang sebelum menggunakan model discovery learning. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang sesudah menggunakan model discovery learning. Ketiga, mendeskripsikan pengaruh model discovery learning terhadap keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah one group pretest and posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang yang terdaftar tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 288 orang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 32 orang siswa yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis teks laporan hasil observasi sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran discovery learning siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang. Data dianalisis dengan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, dan uji-t. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes menulis teks laporan hasil observasi sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran discovery learning. Hasil penelitian ini ada tiga, yaitu sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks laporan hasil observasi sebelum menggunakan model discovery learning siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang berada pada kualifikasi Cukup (C) dengan rata-rata 59,51. Kedua, keterampilan menulis teks laporan hasil observasi sebelum menggunakan model discovery learning siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan rata-rata 71,74. Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis alternatif ( ) diterima pada taraf signifikan 95% dan derajat kebebasan karena thitung>ttabel, yaitu 4,91>1,70. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, keterampilan menulis teks laporan hasil observasi sebelum menggunakan model discovery learning siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang berada pada kualifikasi Cukup (C) dengan rata-rata 59,51. Kedua, keterampilan menulis teks laporan hasil observasi sebelum menggunakan model discovery learning siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan rata-rata 71,74. Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model discovery learning terhadap keterampilan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 28 Mar 2019 02:24
Last Modified: 28 Mar 2019 02:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21604

Actions (login required)

View Item View Item