Korelasi Keterampilan Menyimak Wawancara dengan Keterampilan Menulis Teks berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 23 Padang

Permatasari, Intan (2019) Korelasi Keterampilan Menyimak Wawancara dengan Keterampilan Menulis Teks berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 23 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Intan_Permatasari_15016011_565_2019.pdf

Download (25kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Padang. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menyimak wawancara siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Padang. Ketiga, mendeskripsikan korelasi keterampilan menyimak wawancara dengan keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Padang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah keterampilan menulis berita, keterampilan menyimak wawancara, dan korelasi keterampilan menyimak berita dengan keterampilan menulis berita. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Terdapat dua data yang diolah. Pertama, data keterampilan menyimak wawancara siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Padang. Kedua, data keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Padang. Metoda yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan rancangan korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah 204 orang yang tersebar dalam 7 kelas. Berdasakan teknik proportional random sampling, sampel penelitian ini berjumlah 51 orang. Data penelitian diperoleh melalui dua jenis tes, yaitu tes objektif dan tes unjuk kerja. Tes objektif digunakan untuk mengumpulkan data keterampilan menyimak wawancara, sedangkan tes unjuk kerja digunakan untuk mengumpulkan data keterampilan menulis teks berita. Hasil dari penelitian ini adalah tiga hal berikut. Pertama, keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Padang berada pada kualifikasi lebih dari cukup. Kedua, keterampilan menyimak wawancara berada pada kualifikasi lebih dari cukup. Ketiga, keterampilan menyimak wawancara berkorelasi dengan keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Padang karena thitung >ttabel yaitu 7,41>1,67. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa keterampilan menyimak wawancara berkorelasi dengan keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Padang. Hal ini membuktikan bahwa dalam keterampilan menulis teks berita, kemampuan menyimak wawancara sangat diperlukan agar siswa dapat menulis teks berita dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 27 Mar 2019 07:27
Last Modified: 27 Mar 2019 07:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21595

Actions (login required)

View Item View Item