Penerapan Metode Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII dalam Pembelajaran Seni Tari di SMP Negeri 3 Kota Solok

Dari, Wike Wulan (2019) Penerapan Metode Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII dalam Pembelajaran Seni Tari di SMP Negeri 3 Kota Solok. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_Wike_Wulan_Dari_14023145_925_2019.pdf

Download (20kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Metode Tutor Sebaya di kelas VII dalam pembelajaran seni tari di SMP Negeri 3 Kota Solok. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Objek penelitian adalah kelas VII 5 di SMP Negeri 3 Kota Solok dimana terdiri dari 30 orang siswa. Instrumen penelitian adalah Peneliti sebagai guru praktisi, guru seni budaya sebagai Observer dan alat bantu lembar observasi, dokumentasi, dan tes kemampuan siswa. Selanjutnya data dikumpulkan dengan teknik analisis data untuk diseleksi dan dianalisis kebenarannya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Metode Tutor Sebaya di SMP Negeri 3 Kota Solok dalam 2 siklus dengan 5 kali pertemuan berjalan dengan baik dan lancar. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari tercapainya tujuan pembelajaran seni tari dengan aspek penilaian gerak dan kelancaran sedangkan untuk aktivitas yang dilihat berani berpendapat, tidak meribut di kelas, serius, dan bekerja sama dengan baik. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I untuk tes kognitif yaitu 73,5 dengan persentase ketuntasan 46,6%, sedangkan untuk tes psikomotornya 74,5 dengan persentase ketuntasan 50%. Kemudian terjadi peningkatan pada siklus II yaitu dengan rata-rata sebanyak tes kognitif dengan rata-rata 87 dengan persentase sebanyak 100% dan untuk tes psikomotor 85 dengan persentase yang tuntas sebanyak 96,6%. Demikian penelitian ini terlaksana dengan baik, hal ni dapat dilihat dari Penerapan Metode Tutor Sebaya dalam pembelajaran seni tari di SMP Negeri 3 Kota Solok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 27 Mar 2019 01:49
Last Modified: 27 Mar 2019 01:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21580

Actions (login required)

View Item View Item