Kontribusi Keterampilan Menyimak Berita terhadap Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Pembangunan Laboratorium UNP

Oktaviani, Monica (2019) Kontribusi Keterampilan Menyimak Berita terhadap Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Monica_Oktaviani_15016143_573_2019.pdf

Download (27kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menyimak berita siswa kelas VIII SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Ketiga, mendeskripsikan kontribusi menyimak berita terhadap keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif terhadap metode deskriptif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Pembangunan Laboratorium UNP yang terdaftar pada tahun ajaran 2017/2018, yaitu 168 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan proportional random sampling 25% dari populasi, yaitu 42 orang siswa. Data penelitian ini berupa skor hasil tes keterampilan menyimak berita dan skor hasil tes keterampilan menulis teks berita. Instrumen penelitian ini yaitu tes objektif untuk mengukur keterampilan menyimak berita dan tes unjuk kerja untuk mengukur keterampilan menulis teks berita. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Pembangunan Laboratorium UNP berada pada kualifikasi Baik (B) dengan nilai rata-rata 81,35. Kedua, keterampilan menyimak teks berita siswa kelas VIII SMP Pembangunan Laboratorium UNP berada pada kualifikasi Baik (B) dengan nilai rata-rata 81,48. Ketiga, keterampilan menyimak teks berita berkontribusi sebesar 32,72% terhadap keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa keterampilan menyimak berita berkontribusi terhadap keterampilan menulis teks berita. Semakin baik keterampilan menyimak teks berita akan semakin baik pula keterampilan menulis teks beritanya. Dengan demikian, untuk terampil menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Pembangunan Laboratorium UNP, diperlukan keterampilan menyimak yang baik pula.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 26 Mar 2019 06:52
Last Modified: 26 Mar 2019 06:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21569

Actions (login required)

View Item View Item