Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMPN 29 Padang

Elpha, Fressa Pratiwi (2019) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMPN 29 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Fressa_Pratiwi_Elpha_14016081_899_2019.pdf

Download (30kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMPN 29 Padang sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMPN 29 Padang sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Ketiga, menganalisis pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMPN 29 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah rancangan One Group Pretest dan Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 29 Padang berjumlah 221 orang, tersebar dalam tujuh kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII. 4 SMPN 29 Padang berjumlah 32 orang, ditentukan dengan teknik purposive sampling. Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis teks eksplanasi sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Data penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan menulis teks eksplanasi sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja. Hasil penelitian ini ada tiga, yaitu sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks eksplanasi sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS Siswa kelas VIII.4 SMPN 29 Padang berada pada kualifikasi Hampir Cukup (HC) dengan nilai rata-rata 54,1. Kedua, keterampilan menulis teks eksplanasi sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS siswa kelas VIII SMPN 29 Padang berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan nilai ratarata 75,65. Ketiga, berdasarkan uji-t pada taraf 0,95 diperoleh thitung > ttabel (9,30 > 1,70. Jadi, dapat dikatakan bahwa H1 diterima. Hal itu berarti terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMPN 29 Padang. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMPN 29 Padang sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih baik dibandingkan sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata keterampilan menulis teks eksplanasi siswa sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS berada di atas KKM, sedangkan nilai rata-rata keterampilan menulis teks eksplanasi siswa sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS berada di bawah KKM. Sementara itu, KKM yang diterapkan oleh SMPN 29 Padang adalah 75.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 26 Mar 2019 03:08
Last Modified: 26 Mar 2019 03:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21561

Actions (login required)

View Item View Item