Penggunaan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Seni Tari di SMP Negeri 15 Padang

Suarty, Yulia (2019) Penggunaan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Seni Tari di SMP Negeri 15 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_Yulia_Suarty_14023054_923_2019.pdf

Download (23kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan mendeskripsikan tentang peningkatan hasil belajar seni tari siswa dengan menggunakan media Audiovisual di kelas VIII.6 SMP Negeri 15 Padang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII.6 SMP Negeri 15 Padang yang berjumlah 32 orang. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar hasil observasi, hasil tes pengetahuan (Kognitif) dan tes keterampilan (Psikomotor) serta dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran seni tari menggunakan media Audiovisual berhasil meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII.6 SMP Negeri 15 Padang. Hal ini dibuktikan pada peningkatan aktifitas hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II yang mana terjadi peningkatan yang sangat baik. Pada siklus I aktivitas siswa secara keseluruhan yaitu 45,30%. Sedangkan pada siklus II aktivitas siswa secara keseluruhan telah meningkat yaitu 82,26%. Hasil belajar siswa pada siklus I secara keseluruhan yaitu 64,06. Sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa secara keseluruhan telah meningkat menjadi 83,68. Dengan demikian penggunaan media audio visual untuk meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran tari di kelas VIII.6 SMP Negeri 15 Padang sudah tercapai dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 26 Mar 2019 02:44
Last Modified: 26 Mar 2019 02:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21556

Actions (login required)

View Item View Item